Yuk Cari Tahu Resep Rahasia Nasi Telur Ceplok Kecap Asin Pontianak

Hai Bunda, apa kabar? Sudah tahu belum Bun, kalau di daerah Pontianak sana ada menu makan nasi putih pakai lauk telur ceplok dikecapin aja bisa jadi viral di medsos?! Buat Bunda yang tidak aktif di media sosial mungkin akan heran ya, kok bisa??! Ya bisa lah, Bun.. kan telur ceplok yang ini beda lhoo dari yang biasanya kita bikin. Mau tahu bedanya dimana, yuk cari tahu apa sih itu Nasi Telur Ceplok Kecap Asin Pontianak a la warung makan Ayong 999, Pontianak.

Sebetulnya warung makan Ayong 999 yang berlokasi di Jalan Gajah Mada, Pontianak, sudah berdiri sejak hampir 24 tahun yang lalu lho, Bunda. Dan menu masakan yang dijual ada beragam, seperti nasi goreng, bakmi dan salah satunya nasi telur ceplok. Dan berawal di awal tahun 2018 silam, seorang Youtuber Indonesia bernama Nex Carlos me-review menu makanan Nasi Telur Ceplok saat dia ke warung Ayong 999 Pontianak ini. Di videonya yang berjudul “Cuma Nasi Sama Telor Tapi Yang Makan Rame!!!!”, Carlos tampak menikmati lezatnya nasi putih hangat dengan lauk telur ceplok setengah matang yang dimasak dengan tumisan bawang putih dan kecap asin. Maka keberadaan warung ini makin diperbincangkan di dunia maya dan menjadi viral. Sejak itulah warung ini yang awalnya sudah ramai, menjadi semakin ramai. Bahkan tak sedikit orang yang sampai jauh-jauh pergi ke Pontianak hanya untuk menjawab rasa penasaran mereka akan citarasa Nasi Telur Ceplok Kecap Asin Khas Pontianak. Nah jadi ikutan penasaran ya Bun? Untuk tahu seperti apa rasanya, mari merapat untuk tahu bagaimana resepnya.


Bahan-bahan

  • 1 butir Telur ayam
  • 1-2 siung Bawang putih, geprek dan cincang
  • 1 sdm Kecap asin (sesuai selera)
  • Secukupnya Minyak sayur
  • Sesuai selera Nasi putih hangat

Langkah Membuat

1. Panaskan minyak agak banyak untuk menumis cincangan bawang putih. Masukkan bawang putih, langsung kecilkan api supaya tidak gosong. Goreng sampai harum dan golden-brownish. Sisihkan juga dengan minyaknya.


2. Panaskan minyak agak banyak untuk goreng telur. Ceplok telurnya, tuang kecap asin dan gorengan bawang putih dan minyaknya di atas telur, lalu ratakan. Angkat. (Goreng telur sebentar saja biar kecap dan bawang tidak gosong. Tidak perlu dibalik!)

3. Letakkan telur ceplok di atas nasi putih hangat yang sudah disiapkan di piring.

Haah.. sudah?! Gampil.. pil.. pil kan Bunda? Bahannya pun super simpel, tapi rasanyaa.. beeuuuh.. hati-hati jadi nambah nasi lagi dan lagi ya Bun!. Jadi, buruan deh eksekusi resep Nasi Telur Ceplok Kecap Asin Pontianak, tak cuma orang dewasa, anak-anak pun pasti bakal doyan banget! Selamat mencoba!

Sumber

0 Response to "Yuk Cari Tahu Resep Rahasia Nasi Telur Ceplok Kecap Asin Pontianak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel