Yuk Bikin Sendiri: Nugget Ayam Homemade Chicken Nugget Kemasan?! Sudah Lupa Tuh!

Chicken nugget atau nugget ayam, adalah salah satu makanan yang cukup akrab di mulut sebagian masyarakat Indonesia, terutama yang tinggal di perkotaan. Kebanyakan anak-anak pun bahkan menyukai olaha daging ayam ini. Selain praktis dan mudah memasaknya, makanan ini memang lezat dan gurih rasanya. Makanan berbahan dasar ayam ini sering dijumpai di supermarket, banyak pula yang dijual dengan berbagai merek, mulai dari yang terjangkau hingga yang mahal sekalipun.

Namun, apakah Bunda tahu, meski nugget yang dijual mahal di pasaran pun sebetulnya tak sepenuhnya sehat dan baik bagi tubuh kita, apalagi anak-anak, jika dikonsumsi terlalu sering. Dilansir dari www.suara.com, nugget yang dibuat oleh banyak perusahaan besar, biasanya menggunakan bahan-bahan seperti TBHQ, GMO jagung, MSG, dimetil polisiloksan anti busa, sodium, minyak kedelai yang dihidrogenasi, gandum yang diolah dengan proses kimia, gula dan masih banyak lagi. Aduuuh.. kok bacanya jadi berasa lagi pelajaran kimia ya? Yap, betul sekali Bunda, bahan-bahan kimia tersebut diperlukan supaya dapat menghasilkan nugget ayam dengan rasa lezat yang stabil dan awet tahan lama hingga berbulan-bulan.

Nah, ngga mau kaaan.. sang buah hati yang selalu lahap makan saat disuguhi nugget ayam ternyata juga sekaligus memasukkan zat-zat kimia yang akan berbahaya jika terlalu sering mengkonsumsinya? Makanya yuk kita bikin sendiri Nugget Ayam Homemade yang lebih ekonomis, lebih terjamin kualitas bahan-bahannya, lebih sehat karena bebas pengawet dan tentu saja kelezatannya tak kalah dengan chicken nugget kemasan. Yuk, langsung catat resepnya di bawah ini ya!


Bahan-bahan

  • 500 gr dada ayam (dagingnya saja) cuci bersih
  • 3 sdm tepung panir
  • 2 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung tapioka/kanji
  • 2 butir telur ayam
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt garam halus
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt kaldu ayam bubuk (jika suka)

Bahan pencelup:

  • 4 sdm terigu
  • Secukupnya air dan garam

Bahan pelapis:

  • Secukupnya tepung panir kasar

Cara Membuat

1. Potong kecil-kecil daging ayam

2. Blender daging ayam bersama telur sampai halus

3. Tuang hasil blenderan ke dalam wadah, masukkan, terigu, panir, kanji, bawang putih, garam, merica, dan kaldu ayam bubuk.

4. Aduk rata hingga menjadi adonan seperti di terlihat pada foto

5. Masukkan adonan ke dalam loyang yang telah dioles minyak goreng, ratakan


6. Kukus ± 30 menit, angkat dan biarkan dingin

7. Potong-potong nugget sesuai selera

8. Buat bahan pencelup: campur terigu garam dan air secukupnya hingga kekentalan seperti adonan peyek, tidak encer dan tidak terlalu kental, lalu celupkan nugget ke dalam pencelup

9. Lalu gulingkan ke dalam tepung panir kasar sambil ditekan-tekan agar panir menempel sempurna dan nugget tertutup rapi

10. Nugget homemade siap digoreng, atau dikemas/ simpan dalam wadah kedap udara untuk stok di dalam Freezer

11. Penyajian: Goreng nugget dlm minyak panas hingga kuning kecokelatan, angkat, tiriskan, sajikan dengan saos sambal.

Mau langsung eksekusi resep Nugget Ayam Homemade di atas, Bunda? Ngga sulit kan? Memang dengan membuat sendiri terasa lebih ribet daripada langsung membeli nugget kemasan di supermarket ya Bunda? Tapi percaya deh, bahwa hasil tak kan mengkhianati proses. Dan satu lagi, jika dengan sedikit ribet tapi menghasilkan makanan yang lebih sehat dan bernutrisi untuk keluarga tercinta, why not?!

Selamat mencoba, semoga  bermanfaat!

Sumber

0 Response to "Yuk Bikin Sendiri: Nugget Ayam Homemade Chicken Nugget Kemasan?! Sudah Lupa Tuh!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel