Yuk Berkreasi Masak Enak: Menyulap Mie Instan Menjadi Mie Yamin Instan

Membuat Mie Yamin Instan? Eeh.. tapi tunggu dulu, mie yamin itu sama ngga sih sama Mie Ayam? Naaah.. ini dia pertanyaan yang sering terlintas saat kita membeli dan memesan mie yamin di warung yang juga menjual mie ayam. Jika Bunda adalah pecinta sajian mie, maka Bunda sebaiknya bisa membedakan antara mie ayam dan mie yamin, ya.

Dari segi tampilannya, mie yamin memiliki warna yang kecoklatan karena memiliki campuran kecap manis di dalamnya ya, Bun. Bentuk mienya lebih kecil dan tipis tapi teksturnya tetap kenyal meski tak sekenyal mie ayam. Berhubung mie yamin dicampur dengan kecap manis, maka rasanya sudah pasti lebih manis dari mie ayam. Kebalikan dari mie ayam, taburan ayam pada mie yamin justru memiliki warna yang putih pucat karena tidak dimasak dengan bumbu kecap, melainkan hanya direbus dengan garam dan merica saja. Sederhananya, mi yamin adalah mi ayam tanpa kuah yang dilumuri kecap. Perpaduan rasa manis dari kecap dan gurihnya mie tentu jadi daya tarik utamanya, ya.


Nah.. sekarang sudah tahu kan kalau mie yamin itu beda dengan mie ayam, yaaa.. bisa diibaratkan mereka adalah saudara sepupu kali ya Bun wkwkwk. Dan kali ini kami akan mengajak Bunda membuat Mie Yamin Instan yang menggunakan mie instan. Bikinnya gampang, bahan-bahannya simpel, instan enggak pake lama. Berikut resepnya;

Bahan-bahan

  • 1 bungkus Mie instan (rasa gurih)
  • 2 sdm Kecap manis (sesuai selera)

Bahan Minyak Bawang:

  • 1 siung Bawang putih
  • 2 sdm Minyak goreng

Bahan Pelengkap:

  • 1 butir Telur
  • 3 lembar kubis

Cara Membuat

1. Siapkan bahan: geprek dan cincang bawang putih, orak-arik telur, goreng kubis/kol. Sisihkan.

2. Panaskan minyak, goreng bawang putih yang sudah dicincang sampai agak kecoklatan (jangan terlalu coklat karena nantinya bawang akan tetap termasak di minyak panas). Sisihkan beserta minyaknya.


3. Rebus mie sesuai petunjuk di kemasan, tapi waktunya dipersingkat sedikit.

4. Sambil menunggu mie direbus, masukkan bumbu bawaan mie di minyak bawang yang sudah disisihkan: minyak (semua), saos sambal (semua), kecap (semua), bawang goreng (semua), dan bumbu serbuk (separuh atau lebih sedikit). Tambahkan juga kecap manisnya.

5. Jika mie sudah selesai direbus, tiriskan, sisakan sedikit airnya atau tambahkan air panas, masukkan dan campurkan ke dalam bumbu. Aduk dan sajikan.

Tarrraaa.. ternyata mudah bukan untuk membuat Mie Yamin Instan sendiri  di rumah dengan menggunakan mie instan stok di lemari dapur? Bahan bumbu-bumbu lainnya pun pasti juga sudah siap di dapur, jadi tunggu apalagi, yuk langsung eksekusi!

Sumber

0 Response to "Yuk Berkreasi Masak Enak: Menyulap Mie Instan Menjadi Mie Yamin Instan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel