Yuk, Bebikin Kimchi Khas Korea! Tak Perlu Import Bahan, Dengan Bahan Lokal Indonesia pun Lezat

Annyônghaseyo.. Bunda! Waaah.. jadi seperti KPop-lovers nih, atau kalau untuk Bunda-bunda pastinya Drakor-lovers ya Bun?. Populernya drama Korea di stasiun televisi Indonesia terjadi setelah drama negara Asia lain seperti Taiwan dan Jepang diputar. Berbagai stasiun televisi Indonesia mulai menayangkan drama produksi Korea Selatan. Rupanya banyak masyarakat Indonesia yang terkena imbas Gelombang Korea atau Korean Wave atau Hallyu. Hallyu adalah istilah yang diberikan untuk tersebarnya budaya pop Korea secara global di berbagai negara di dunia sejak tahun 1990. Umumnya Hallyu memicu banyak orang di negara tersebut untuk mempelajari bahasa Korea dan kebudayaan Korea (Wikipedia, 2020). Salah satunya lewat sajian kuliner khas Korea, Kimchi.

Kimchi, merupakan salah satu jenis asinan sayur hasil dari fermentasi yang diberi bumbu pedas. Di negara asalnya, Kimchi memiliki banyak jenis. Perbedaannya terletak pada bahan yang digunakan, proses pembuatan, waktu penyajian juga padanan dengan menu makan yang lain. Kimchi yang paling terkenal dan paling sering Bunda lihat dalam drama-drama Korea adalah “baechu kimchi” yang terbuat dari sawi putih yang difermentasikan dengan bumbu bubuk cabai, bawang putih dan minyak ikan. Baechu kimchi ini tak hanya bisa dijadikan sebagai kuliner pendamping, tapi juga bisa dijadikan tambahan pada nasi goreng dan dijadikan sup kimchi. Hmmm.. tertarik untuk membuatnya sendiri Bunda? Tak perlu khawatir dengan bahan-bahannya, karena kali ini kami sajikan resep Kimchi Khas Korea dengan menggunakan produk lokal bahan Indonesia. Yuk tunggu apalagi, simak resep di bawah ini!

Bahan-bahan

  • 1 kg sawi putih
  • 1/2 cup garam dapur
  • 1 liter air bersih
  • 1 buah bawang bombay uk sedang
  • 5 siung bawang putih
  • 3 sdm bon cabe
  • 2 sdm kecap ikan
  • 1 sdt kaldu jamur atau kaldu ayam bubuk

Cara Membuat

1. Buat larutan perendam dengan mencampurkan air dan garam

2. Belah sawi putih menjadi empat bagian seperti pada gambar

3. Rendam sawi putih di dalam air rendaman paling tidak selama 6 jam (atau semalaman)

4. Buang air rendaman, cuci bersih sawi yang sudah direndam. Cuci bersih di bawah air kran mengalir, hingga benar-benar dirasa bersih (5 kali). Bilasan terakhir bisa gunakan air yang telah masak (air minum).

5. Potong sawi putih tadi menjadi bite size, cincang bawang putih, iris bawang bombay

6. Satukan semua bahan, aduk hingga rata

7. Masukan ke dalam toples kedap udara, fermentasikan selama 2-7 hari tergantung keasaman yang kalian inginkan lalu kemudian lanjutkan penyimpanan di lemari pendingin

8. Kimchi siap disajikan kapan saja.

Wah.. wah.. wah.. ternyata sangat mudah sekali ya Bunda untuk membuat Kimchi Khas Korea dengan bahan yang ada di Indonesia. Meskipun rasanya tak akan sama persis dengan kimchi buatan asli Korea, well.. at least.. menyantap segarnya Kimchi buatan sendiri, sudah bisa nemenin Bunda sambil nonton oppa ganteng dan noona cantik di drama korea favorit Bunda kan? Mantaaap..

Sumber

0 Response to "Yuk, Bebikin Kimchi Khas Korea! Tak Perlu Import Bahan, Dengan Bahan Lokal Indonesia pun Lezat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel