Teh Tarik, Minuman Khas Negeri Jiran Sekali Sluuurrp.. Awas Ketagihan!

Bagi Bunda yang tinggal di Malaysia, atau Singapura, atau di Indonesia khususnya di Riau, Kepulauan Riau atau Aceh, tentu tidak sulit untuk menemukan kedai Teh Tarik beserta atraksinya yang menuang teh dari satu gelas ke gelas lainnya dengan jarak yang cukup jauh seperti ditarik. Ajaibnya air teh susu tidak tumpah sedikit pun. Si penjual memiliki alasan tersendiri untuk melakukan tradisi “tarik-menarik” ini ketika membuat teh tarik. Dengan proses pembuatan seperti itu, maka rasa dan aroma teh tarik akan menjadi semakin pekat dan nikmat. Bagaimana, ingin mencobanya membuatnya di rumah Bunda? Eeeiittss.. tapi bukan memakai teh tarik instan bubuk yang tinggal ditambahkan air panas ya, Bunda!

Kelezatan Teh Tarik yang populer menarik produsen minuman pabrikan untuk menciptakan minuman instan rasa teh tarik bubuk dan cukup tambahkan secangkir air panas. Namun, tentu saja rasanya tak selezat minuman Teh Tarik yang asli yang melalui proses “menarik-narik” air teh susu ya, Bunda. Daripada terus membeli minuman ini di luar, pasti lebih menyenangkan untuk membuat minuman ini di rumah. Selain lebih higienis, Bunda juga bisa menakar sendiri rasa manis yang Bunda inginkan di tiap gelasnya. Yuk, coba buat minuman ini di rumah dengan resep dan cara pembuatannya berikut ini!

Bahan-bahan

  • 5 sdm Teh serbuk hitam
  • 500 ml Air Panas
  • 15 sdm Susu Kental manis
  • 100 ml Susu Segar/Susu evaporasi
  • 1/8-1/4 Sdt Garam

Langkah Membuat

1. Siapkan semua bahan-bahan

2. Masukan Teh serbuk dengan air panas, rebus dengan api sedang selama 10 menit sampai air teh berwarna gelap pekat.

3. Saring teh

4. Tuangkan Susu kental manis, susu segar, dan garam.

5. Aduk rata. Tarik Air Teh dengan menggunakan 2 cangkir besar/teko besi, untuk menghasilkan busa. Tarik beberapa kali untuk menghasilkan busa yang banyak.

6. Tuangkan kedalam gelas dan sajikan panas ataupun dingin.

Hangatnya Teh Tarik begitu lezat diseruput dan dinikmati di pagi hari atau saat udara dingin. Di negeri asalnya, teh tarik dinikmati sembari menyantap nasi lemak, roti canai, roti telur, atau roti tempayan.

Oya.. tak hanya disajikan hangat, Bunda juga bisa menyajikannya dingin lho! Tambahkan es batu, dan juga tambahan cincau hitam atau jelly atau booba favorit keluarga. Jadi deh sajian teh tarik kekinian yang endeus surendes! Sluurrrpp.. yummeeh..

Sumber

0 Response to "Teh Tarik, Minuman Khas Negeri Jiran Sekali Sluuurrp.. Awas Ketagihan!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel