Syai Haleeb, Teh Susu Rempah Khas Arab Minuman Penghangat Tubuh Saat Udara Dingin Menyerang

Musim penghujan masih melingkupi wilayah Indonesia. Kita harus ekstra dalam menjaga kesehatan tubuh agar tidak gampang terkena penyakit ya, Bunda. Mengkonsumsi minuman hangat bisa menjadi salah satu cara yang banyak dilakukan orang untuk menjaga kondisi tubuh. Banyak pilihan minuman hangat yang bisa menjadi pilihan, yang umum dan mudah kita jumpai ada kopi, teh hangat, wedang jahe, susu hangat, dan minuman hangat lainnya. Adapula yang memilih jamu tradisional hasil olahan rempah-rempah kekayaan Nusantara untuk membuat tubuh menjadi terasa hangat. Namun, pernahkah Bunda dan keluarga mencoba mengkonsumsi minuman hangat dari Negara di Timur Tengah? Hmm.. seperti apa ya?

Salah satu minuman hangat yang populer di Timur Tengah ini berasal dari Arab Saudi, namanya Syai Haleeb. Minuman hangat berbahan dasar susu, teh dan rempah-rempah ini bisa menghangatkan badan dari dalam tubuh dan menjadi moodbooster saat cuaca hujan dan udara dingin. Seperti apa ya rasanya? Jika Bunda menyukai minuman dengan aroma wangi rempah, maka minuman hangat ini bisa Bunda coba dengan mempraktekkan salah satu resep Syai Haleeb yang kami pilih dan sajikan di bawah ini.

Bahan-bahan

  • 1/2 gelas belimbing susu UHT
  • 2-3 sdm gula pasir
  • 1/2 sdm teh bubuk
  • 3 cm kayumanis
  • 5 biji kapulaga (tumbuk ambil dalamnya)
  • 5 biji cengkeh
  • 400 ml air matang

Cara Membuat

1. Siapkan bahan

2. Campur air, teh, kapulaga, cengkeh, kayu manis di panci dan masak hingga mendidih

3. Masukan susu cair dan gula, aduk hingga rata, gunakan api kecil lalu api besar (jika menggelembung besar kecilkan api)

4. Saring teh, dan nikmati hangat-hangat

Bagaimana Bunda, tertarik untuk mencoba membuat Syai Haleeb sendiri di rumah? Selain cara membuatnya tidak sulit, bahan-bahan yang digunakannya pun sangat mudah didapatkan di Indonesia. Pasti akan menjadi teman terbaik di saat udara dingin ya, Bunda? Nikmati saat berkumpul bersama keluarga, sahabat dan kerabat. Selamat mencoba ya Bunda!

Sumber

0 Response to "Syai Haleeb, Teh Susu Rempah Khas Arab Minuman Penghangat Tubuh Saat Udara Dingin Menyerang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel