Sambel Tomat, Si Teman Sejati Sajian Sup Ayam Sayur dan Tahu-Tempe Goreng

Sambal Tomat, siapa yang tak mengenalnya. Buat Bunda dan keluarga yang menyukai citarasa sambal yang tidak terlalu pedas, Bunda bisa memilih sambal ini untuk pelengkap sajian menu utama di meja makan. Sambal tomat memiliki kandungan tomat yang cukup banyak sehingga tidak terlalu pedas seperti sambal-sambal lainnya. Sambal tomat dibuat dengan bahan-bahan dasar yang meliputi tomat, cabai, bawang merah dan bawang putih. Sambal tomat sebaiknya digiling atau diuleg halus ya Bunda, supaya rasa tomatnya bisa menyatu dengan cabai dan bawang merah atau bawang putih.

Jika Bunda ingin lebih mudah dalam menghaluskan sambal tomat, Bunda bisa merebus atau menggoreng bahan-bahannya terlebih dahulu. Sambal Tomat sangat cocok disajikan sebagai pelengkap menyantap sup ayam sayur yang gurih nan segar, ayam ungkep goreng, dan tempe atau tahu goreng. Hmmm.. jadi laper nih Bun! Yuk capcus eksekusi resep Sambal Tomat pilihan kami kali ini.

Bahan-bahan

  • 30 buah cabe rawit merah
  • 1 buah tomat
  • 5 siung bawang putih
  • 8 butir bawang merah
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula jawa
  • 1/4 sdt penyedap rasa (opsional)
  • 4 sdm minyak goreng

Langkah Membuat

1. Siapkan semua bahan lalu cuci bersih. Iris tomat tipis-tipis

2. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang, goreng bawang, cabai dan tomat hingga lunak dan kecoklatan sambil sesekali diaduk. Angkat dan sisihkan.

3. Masukkan bahan sambal ke dalam cobek, ulek setengah halus. Tambahkan garam, gula jawa, penyedap rasa lalu ulek lagi hingga halus. Masukkan ke dalam mangkuk kecil dan sajikan. Note: jika ingin tahan lama, sambel tomat bisa ditumis lagi dengan sisa minyak yang tadi untuk menggoreng (sebentar saja).

Sedaaaap! Sambal Tomat sudah jadiiii… siap disajikan sebagai menu pelengkap di meja makan. Jika resep di atas dirasa terlalu pedas, atau kurang pedas, Bunda bisa menambah atau mengurangi jumlah cabai dan menambah tomat sesuai selera. Selamat mencoba, Bunda!

Sumber

0 Response to "Sambel Tomat, Si Teman Sejati Sajian Sup Ayam Sayur dan Tahu-Tempe Goreng"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel