Sambal Embe Khas Bali Saudara Sepupu Sambal Matah yang Pedasnya Tak Kalah Nampol

Jika ditanya tentang sambal apa yang terkenal dari pulau Bali, pasti akan banyak yang menjawab sambal matah. Padahal ada sambal khas Pulau Dewata lainnya yang mungkin memang tak setenar sepupunya si sambal matah, tapi kelezatannya tak bisa diabaikan, yakni Sambal Embe Khas Bali. Jika Bunda dan keluarga termasuk ke dalam kelompok yang menganut “Makan tanpa sambal, bagai sayur tanpa garam”, maka Bunda wajib mencoba kelezatan citarasa dari sambal embe ini yang tentunya pedas bingits serta mantap, sangat cocok deh menemani setiap menu makan Bunda.

Sambal embe atau sambal goreng embe lebih menitikberatkan pada penggunaan bawang goreng, yang kemudian ditambahkan cabai dan juga terasi. Ini pula perbedaannya dengan sambal matah yang identik dengan bahan yang mentah (tanpa proses ditumis, digoreng atau direbus), sambal embe memakai irisan bawang merah yang telah digoreng terlebih dahulu, sehingga hasil sambalnya akan terasa lebih gurih khas bawang goreng yang tentunya makin membangkitkan selera makan.


Untuk lebih jelasnya, yuk simak resep Sambal Embe Khas Bali dari kreasi dapur Bunda Viya di akun nya dapurVY berikut ini;

Bahan-bahan

  • 10 butir Bawang merah, iris tipis
  • 3 siung Bawang putih, iris tipis/cincang
  • 20 buah Cabai rawit merah, iris halus
  • 5 buah Cabe merah keriting, iris halus
  • 1 sdt Terasi (1 sachet kecil atau ½ keping terasi cuek)
  • Sedikit Garam/kaldu bubuk (skip jika terasi sudah asin)
  • Secukupnya Minyak

Cara Membuat

1. Siapkan bahan


2. Panaskan minyak secukupnya, tumis bawang merah sampai layu, masukkan bawang putih, goreng sampai setengah kering atau kering sesuaikan selera Bunda, angkat, letakkan di mangkuk

3. Kurangin minyak dan sisakan 3 sdm (atau sesuai selera jika suka sambal basah tambahkan minyak). Masukkan cabai tumis sampai layu/matang, tambahan terasi, bejek-bejek (tekan sampai hancur tapi tidak sampai halus), aduk rata dan tumis sampai matang (bisa tambah garam/kaldu bubuk sedikit)

4. Tuang cabai ke mangkuk bawang, aduk rata, kucuri jeruk nipis secukupnya atau bisa skip tanpa jeruk nipis

Hhhmmm.. pedas mantaaap! Gurihnya rasa bawang goreng bikin pengin nambah lagi dan lagi, bahkan tanpa lauk yang lain, cukup sepiring nasi putih hangat dan Sambal Embe Khas Bali ini saja sudah terasa nikmat sekali bersantap. Apalagi jika ada ayam betutu, dan cah kangkung. Yummyyy.. jaen sajaaan!!

Sumber

0 Response to "Sambal Embe Khas Bali Saudara Sepupu Sambal Matah yang Pedasnya Tak Kalah Nampol"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel