Sambal Bangkok Homemade Rasa Pedasnya Suka-suka

Bikin Sambal Bangkok Homemade yuk, Bun! Dari namanya sudah ketahuan ya kalau sambal ini berasal dari Bangkok, Thailand. Nama lainnya adalah Sweet Thai Chili Sauce atau Nam chim kai in Thailand. Rasanya asam manis pedas, sangat disukai khususnya bagi yang kurang suka dengan sambal yang terlalu pedas. Bisa diatur sesuai selera, untuk lebih pedas, lebih asam atau lebih manis. Pokoknya bebas berkreasi sesuai selera Bunda lah, asik kan?

Bahan utamanya tentu saja cabai, kalau mau tidak pedas bisa pakai cabai merah besar dan dibuang bijinya; atau cabai merah keriting kalau mau pedas; atau cabai rawit merah kalau mau sangat pedas; atau mau dicampur juga bisa supaya dapet warna sambal yang menarik dan rasa pedas yang pas. Untuk asamnya bisa menggunakan cuka biasa, cuka beras atau cuka lainnya, mau lebih Indonesia bisa pake air asam Jawa. Untuk manisnya gunakan gula. Nah loh… beneran suka-suka kita banget ya ini sambal, mantaplah!

Tertarik untuk membuat? Berikut resep Sambal Bangkok Homemade yang bisa coba Bunda praktekkan di rumah, silakan dicatat dulu resepnya, ya!


Bahan-bahan

  • 5 biji Cabai rawit, rajang
  • 3 siung Bawang putih ukuran kecil, geprek lalu cincang
  • 1 buah Tomat ceri, cincang
  • 1 sdm Madu
  • 2 sdm Saus tomat
  • 1/4 sdt Minyak wijen
  • 3 sdm Gula pasir
  • Secukupnya Garam
  • Secukupnya Air putih panas
  • 1/2 sdm Tepung maizena, larutkan dengan 3 sdm air putih

Langkah Membuat

1. Buat karamel gula dengan cara: panaskan gula pasir di wajan teflon dengan api sedang. Diamkan sampai gula meleleh dan berwarna coklat. Aduk sesekali saja. (Kalau pakai wajan biasa, harus diaduk terus.)

2. Kalau sudah mengaramel, masukkan air panas sedikit-sedikit, aduk sampai mendidih.


3. Kecilkan api, masukkan bawang putih dan cabai rawit, aduk terus sampai wangi.

4. Masukkan tomat dan saus tomat, aduk.

5. Jika perlu, tambahkan air, lalu masukkan madu, minyak wijen, dan garam, aduk, tes rasa.

6. Masukkan larutan tepung maizena sedikit-sedikit sesuai kekentalan yg diinginkan. Aduk. Matikan api. Sajikan

Ternyata Sambal Bangkok Homemade ini sangatlah mudah dibuat ya, Bunda. Meski sambal Bangkok telah ada tersedia di pasaran yang dikemas pabrikan, tapi dengan membuat sendiri tentu hasilnya akan lebih sehat karena dijamin bebas pengawet. Selain itu, rasa pedasnya bisa suka-suka, Bunda. Lebih mantep kan?! Selamat mencoba dan berkreasi ya, Bunda!

Sumber

0 Response to "Sambal Bangkok Homemade Rasa Pedasnya Suka-suka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel