Rolade Ayam Wortel yang Praktis dan Lezat Bisa Untuk Menu MPASI Sang Buah Hati

Rolade berasal dari bahasa Perancis yaitu "rouler" yang artinya menggulung. Cara memasak rolade juga ada beberapa macam seperti dipanggang, dikukus, dikukus kemudian digoreng, dan lain-lain. Rolade umumnya dibuat dari bahan daging dan kemudian digulung atau di roll. Biasanya untuk membuat rolade ini dibuat dengan daging sapi. Namun bagi orang yang tidak menyukai daging sapi atau ingin versi yang lebih ekonomis, maka kita bisa menggantinya dengan daging ayam ya, Bunda.

Tidak sulit kok Bun, untuk membuat rolade ayam ini. Bunda bisa memasaknya dalam jumlah yang cukup banyak untuk disimpan dalam freezer. Dan saat akan menikmati rolade, Bunda tinggal keluarkan dari freezer, diamkan sejenak hingga rolade tak terlalu beku, Bunda bisa mengukusnya kembali sebentar atau menggorengnya. Praktis sekali untuk menu sarapan ataupun bekal, juga menu MPASI jika Bunda masih memiliki Batita usia 1 tahun yang sedang belajar mengenal makanan. Mantap kan? Penasaran, yuk catat resep Rolade Ayam Wortel dan mulai praktekkan cara membuatnya.


Bahan-bahan

  • 250 gr ayam giling
  • 1 buah wortel ukuran sedang, cincang
  • 1 butir putih telur
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt garam (sesuai selera)
  • 1 sdt gula pasir (sesuai selera)
  • 3 butir telur dikocok lepas untuk kulit dadar

Cara Membuat

1. Campur semua bahan (kecuali 3 butir telur untuk dadar). Aduk rata. Sisihkan

2. Kocok 3 butir telur. Buat dadar tipis-tipis di teflon. Lakukan hingga telur habis


3. Ambil selembar dadar. Alasi dengan plastik/daun pisang/alumunium foil. Isi dengan adonan ayam. Ratakan selebar dadar

4. Gulung dadar. Padatkan dengan cara merapatkan ujungnya. Bungkus seperti lontong. Kukus kurang lebih selama 20 menit. Angkat. Potong-potong

5. Rolade siap disantap. Enak juga untuk campuran sup

Rolade ayam ini termasuk menu yang membutuhkan waktu memasak yang agak lama, ya Bunda. Namun kabar gembiranya, rolade ini bisa dijadikan stok frozen food. So.. jangan ragu buat bikin stok Rolade Ayam Wortel ini ya Bunda!

Jika Bunda ingin membuat Rolade Ayam Wortel ini untuk menu MPASI batita Bunda, maka Bunda bisa hilangkan penggunaan garam, gula dan merica dari resep di atas. Atau Bunda bisa ganti dengan memasukkan parutan keju cheddar untuk memberikan sedikit rasa asin dan gurih. Dan sebaiknya, parut wortel dengan parutan keju supaya tektur yang dihasilkan lebih halus, ya Bunda.

Rolade Ayam Wortel ini bisa langsung disantap setelah matang dikukus. Atau Bunda bisa menggorengnya terlebih dahulu, atau bisa juga Bunda jadikan potongan rolade ini menjadi salah satu isian sop ayam yang segar nan lezat. Yummyy..

Sumber

0 Response to "Rolade Ayam Wortel yang Praktis dan Lezat Bisa Untuk Menu MPASI Sang Buah Hati"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel