Resep Super Simpel: Telur Asin Bawang Putih Homemade Tak Perlu Lagi Berkotor-kotor Dengan Adonan Bata

Telur Asin Bawang Putih Homemade pernah cukup viral di dunia maya. Berbagai resep membuat telur asin dengan cara yang lebih simpel dan praktis dari metode konvensional banyak muncul berseliweran, dan dengan berbagai kreasi. Oke, karena kali ini kita akan membuat telur asin homemade, maka tak ada salahnya kita mengulik sedikit tentang telur asin, ya Bunda.

Sentral industri penghasil telur asin yang terkenal di Indonesia ada di kota Brebes, Jawa Tengah, tapi tahu enggak sih Bun, ternyata metode mengawetkan makanan dengan proses pengasinan (termasuk telur asin), telah dilakukan oleh masyarakat China sejak jaman dahulu kala. Telur yang digunakan umumnya adalah telur bebek yang memiliki cangkang lebih tebal dan keras. Telur yang sudah diasinkan ini biasanya direbus atau dikukus hingga matang dan dijadikan sebagai pelengkap bubur nasi (congee) atau dimasak dengan makanan lain sebagai bahan perasa tambahan. Kuning telur asin yang berwarna jingga cerah, kaya akan lemak, dan tidak seasin bagian putihnya memiliki nilai lebih tinggi dan digunakan sebagai isi kue bulan (Chinese mooncakes) karena melambangkan bulan itu sendiri. 

Jika Bunda dan keluarga suka menyantap telur asin, dan biasa membelinya, kini Bunda bisa coba membuatnya sendiri di rumah, lho. Nah karena membuat telur asin dengan abu dan hancuran batu bata merah cukup merepotkan alias ribet, maka Bunda bisa pakai metode pengasinan dengan cara cukup direndam dengan air garam. Cara ini umum dilakukan masyarakat China dibandingkan dengan metode Pateros (melumuri permukaan telur dengan abu/tanah liat yang dicampur garam dan sedikit air) sebagaimana yang dilakukan oleh petani di Brebes dan Filipina (dilansir dari laman www.justtryandtaste.com)

Cara merendam dengan air garam ini sangat mudah dilakukan, relatif bersih karena tidak berurusan dengan adonan tanah, dan telur bisa diletakkan di dalam wadah di meja dapur. Jika Bunda tertarik membuatnya, maka berikut Resep Telur Asin Bawang Putih Homemade yang bisa Bunda coba praktekkan di rumah.

Bahan-bahan

  • 10-15 butir telur bebek tambak, usahakan yg msh baru
  • 250 gram garam agak kasar, boleh lebih
  • 5 siung bawang putih/ jumlahnya sesuai selera, keprek
  • 5 cabe rawit, potong potong
  • Secukupnya air, sekitar 1 - 1 1/2 liter

Langkah Membuat

1. Gunakan garam yang teksturnya agak kasar. Boleh tambahkan lagi garam jika ingin lebih asin

2. Cuci bersih perlahan kulit luar telur dengan hati hati, tujuannya agar kotoran yang menempel hilang dan pori porinya terbuka sehingga air garam lebih mudah meresap ke dalam telur

3. Rebus air sampai medidih lalu masukan garam, aduk sampai garam larut lalu matikan api. Dinginkan sampai air garamnya benar benar dingin.

4. Masukan dan susun telur ke dalam stoples kaca/plastik yang penting bisa ditutup rapat

5. Masukan air garam yang sudah dingin, sampai merendam semua telur.

6. Geprek bawang putih dan potong kecil cabai

7. Masukan bawang putih dan cabai ke dalam air rendaman garam

8. Masukan air secukupnya ke dalam plastik lalu ikat, seperti membuat es batu.

9. Taruh plastik yang berisi air tadi di atas (menindih) telur, gunanya untuk menahan telur tidak naik ke permukaan air garam sehingga air garam meresap sempurna pada semua telur

10. Tutup rapat stoples dan simpan selama 15 – 20 hari. Semakin lama, akan semakin asin. Sesuaikan selera.

11. Angkat dan tiriskan, lalu kukus atau rebus telur asin. Telur asin yang masih mentah bisa disimpan di dalam lemari es.

12. Kukus/rebus selama 30-40 menit. Setelah telur matang, siap disajikan.

Wah mantap nih, wajib dicoba resep Telur Asin Bawang Putih Homemade. Jika berhasil, maka Bunda tak perlu lagi membelinya kan? Dan, Bunda jadi punya stok telur asin mentah yang bisa diolah menjadi berbagai macam olahan. Selamat mencoba!

Sumber

0 Response to "Resep Super Simpel: Telur Asin Bawang Putih Homemade Tak Perlu Lagi Berkotor-kotor Dengan Adonan Bata"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel