Resep Sederhana nan Lezat, Sambal Goreng Kentang

Sambal goreng kentang adalah salah satu contoh hidangan tradisional Indonesia yang memiliki rasa pedas, gurih, manis, dan disukai banyak orang. Sambal goreng kentang ini tidak hanya bisa dikonsumsi sebagai makanan pelengkap, namun juga sebagai hidangan utama pun, tak kalah lezat.

Nah.. saat mendengar nama “Sambal Goreng Kentang" apa sih Bun, yang pertama kali terlintas di kepala? Mungkin ada yang langsung terbayang sebuah bingkisan makanan dari acara kenduri. Jika Bunda tinggal di daerah Jawa, bingkisan makanan acara kendurian yang biasa disebut “nasi berkat" ini hampir selalu memasukkan menu ini ke dalam salah satu lauknya selain ayam goreng, urap sayur, dan telur rebus, yang ditata di sekeliling nasi putih di tengah-tengah bingkisan.

Atau mungkin ada juga Bunda yang teringat dengan sajian nasi rames atau nasi kuning. Yap, dua varian nasi gurih ini juga sering menjadikan Sambal Goreng Kentang sebagai lauk yang menjadikannya jauh semakin lezat saat disantap. Masakan yang tampak sederhana ini adalah pelengkap yang menjadikan perjamuan makanan Indonesia begitu sempurna. 

Tak perlu menunggu hingga ada acara kenduri, Bunda bisa langsung memasaknya sendiri di rumah, tentunya dengan resep pilihan kami kali ini, yuk simak resep Sambal Goreng Kentang berikut ini!

Bahan-bahan

  • 1 kg kentang
  • 800 ml santan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 jempol lengkuas
  • 1 ons cabe merah besar
  • 6 siung bawang putih
  • 8 butir bawang merah
  • 1 sdm ebi
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm gula pasir

Langkah Membuat

1. Kupas kulit kentang, cuci bersih lalu potong dadu kecil. Goreng dalam minyak banyak hingga kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.

2. Iris tipis-tipis cabai merah, cuci bersih lalu tiriskan pada peniris sambil digoyang-goyang agar bijinya jatuh terbuang. Rebus cabai merah dalam air mendidih hingga lunak (kurang lebih 5-10 menit) kemudian tiriskan.

3. Siapkan semua bumbu. Iris-iris bawang putih, bawang merah dan ebi. Lalu geprek lengkuas.

4. Panaskan sedikit minyak sisa menggoreng kentang dalam wajan berbeda. Masukkan semua bumbu, tumis hingga layu (sambil ditekan-tekan dengan sendok sayur agar bumbunya lunak dan agak hancur). Tambahkan sedikit santan, aduk rata hingga bumbu tanak.

5. Masukkan setengah bagian santan, garam dan gula. Aduk rata, tunggu hingga mendidih.

6. Masukkan kentang yang sudah digoreng, aduk rata dan biarkan hingga mendidih.

7. Masukkan sisa santan, aduk rata dan masak hingga mendidih, kuah menyusut dan bumbu meresap (kurang lebih 10 menit). Koreksi rasa. Angkat dan sajikan diatas mangkuk.

Maknyuuus! Sajikan bersama nasi putih hangat, nasi gurih seperti nasi rames atau nasi kuning. Atau irisan ketupat yang dilengkapi dengan opor ayam.. widiiih.. kelezatan yang sempurna saudara-saudara!. Oya, bila Bunda suka, tambahkan secukupnya pete pada masakan Sambal Goreng Kentang Bunda, yakiiin.. aroma sedapnya bakalan bikin makin lahap tuh makannya!

Sumber

0 Response to "Resep Sederhana nan Lezat, Sambal Goreng Kentang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel