Oseng Ikan Bandeng Presto Gurih Pedasnya Sukses Membangkitkan Selera Makan

Banyak orang menyukai ikan bandeng, karena nilai plus dari ikan bandeng ini adalah kandungan yang kaya gizi dan manfaat bagi kesehatan manusia, serta rasa daging ikannya sangat lezat. Tapi minusnya, durinya yang banyak dan kecil-kecil membuat kita sedikit lebih repot karena harus menyisiri duri-durinya sebelum bisa menyantap kelezatan dagingnya.

Bagi sebagian orang, hal tersebut adalah “seni" nya saat menyantap ikan bandeng. Namun sebagian besar lainnya tak mau direpotkan dengan memelototi sepotong ikan bandeng untuk mencari duri-duri yang terselip hampir di sebagian besar tubuh ikan bandeng. Sehingga muncullah inovasi bandeng duri lunak, atau bandeng presto dimana kita bisa langsung menyantap ikan banding tanpa takut terganggu oleh duri-duri kecilnya yang akan mengganggu jika tertelan dan biasanya nyangkut di tenggorokan. Di Indonesia sendiri, sentra industri bandeng presto banyak dijumpai di Semarang.

Bagi Bunda dan keluarga penikmat bandeng presto, pasti sudah tahu bahwa ikan bandeng presto sudah cukup lezat meski hanya dibalut dengan kocokan telur sebelum digoreng. Namun kali ini kita akan memasak bandeng presto menjadi sajian sedap berbumbu pedas, Oseng Ikan Bandeng Presto. Seperti apa, yuk Bunda ikuti resep di bawah berikut ini!

Bahan-bahan

  • 2 ekor bandeng presto, potong sesuai selera
  • 3 butir bawang merah, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 batang sereh, iris tipis
  • 10 buah cabe rawit potong-potong
  • 2 buah cabe hijau, potong-potong
  • 1 buah tomat, iris tipis
  • 1 sdm air asam jawa
  • Secukupnya gula, garam dan kaldu bubuk instan
  • sedikit air untuk kuah
  • secukupnya minyak goreng

Cara Membuat

1. Potong-potong ikan bandeng presto. Iris tipis semua bumbu. Sisihkan.

2. Panaskan minyak, goreng ikan presto hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan

3. Panaskan sedikit minyak, masukkan sereh. Tumis hingga harumnya keluar. Lalu masukan bawang merah, bawang putih, cabe rawit dan cabe hijau. Tumis hingga layu. Terakhir masukan tomat. Aduk rata.

4. Tambahkan sedikit air. Masukkan garam, gula dan kaldu bubuk. Aduk rata. Tunggu hingga mendidih.

5. Terakhir masukkan ikan presto yang sudah digoreng. Aduk rata. Masak hingga air menyusut dan bumbu meresap. Cek rasa. Sajikan.

Yuumm.. yyuuumm.. Gurihnya ikan bandeng goreng dan bumbu oseng yang khas pedas, merupakan perpaduan yang pas dan cocok menjadi menu utama saat bersantap bersama keluarga. Sajikan bersama nasi putih hangat.. maknyuuuss! Yang menarik, membuat Oseng Ikan Bandeng Presto ini ternyata tak sulit dan tak membutuhkan waktu yang lama ya Bunda. Jadi tunggu apalagi, yuk buruan eksekusi resep di atas!

Sumber

0 Response to "Oseng Ikan Bandeng Presto Gurih Pedasnya Sukses Membangkitkan Selera Makan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel