Membuat Sendiri Kulit Lumpia Homemade yang Super Tipis Anti Robek? Ayo, Siapa Takut?!

Lumpia adalah salah satu kudapan yang cukup populer di Indonesia. Lumpia atau lun pia adalah jajanan tradisional yang berasal dari Tionghoa. Lumpia terdiri dari lembaran tipis yang terbuat dari tepung gandum yang digunakan sebagai kulit (pembungkus) isian. Nah kulit lumpia inilah yang kali ini akan kita buat dengan resep dari Bunda Hani Agustin, Kulit Lumpia Homemade dengan metode gilas.

Seperti yang kita tahu, lumpia disajikan dalam dua varian, lumpia basah dan lumpia kering atau goreng. Perbedaannya tak hanya pada cara pengolahannya, namun juga pada kulit pembungkusnya. Jika kulit lumpia basah cenderung lebih tebal dan lembut, maka kulit lumpia kering atau goreng memiliki karakter kulit yang tipis dan menjadi renyah setelah digoreng. Bagi sebagian besar orang yang belum terbiasa, membuat sendiri kulit lumpia adalah hal yang tricky dan membutuhkan kesabaran juga ketelatenan, terutama saat membuat kulit untuk lumpia kering, karena sebisa mungkin kulit bisa sangat tipis namun tidak mudah robek. Nah jika Bunda penggemar lumpia, pengin tahu dong caranya membuat kulit lumpia yang bisa super tipis tapi anti robek.. berikut ini resepnya.

Bahan-bahan

Bahan kulit :

  • 250 gr Tepung Terigu (protein sedang/ serbaguna)
  • 150-160 ml Air (masukkan sedikit demi sedikit hingga kalis)
  • Sejumput Garam

Bahan lain :

  • Minyak Goreng untuk oles
  • Secukupnya Tepung Terigu

Cara Membuat

1. Ayak tepung, lubangi tengahnya. Beri sedikit demi sedikit air. Uleni hingga kalis (tidak perlu sampai elastis). Taruh di wadah kedap udara. Atau tutup dengan kain bersih.

2. Bagi menjadi 12 (takaran tepung 100 gr) atau bagi sesuai selera.

3. Bulatkan masing-masing potongan. Lalu tipiskan.

4. Oles permukaan (hanya atasnya saja) dengan minyak. Lalu taburi dengan tepung. Tumpuk dengan 1 adonan kulit. Oles lagi dengan minyak dan taburi tepung. Lakukan lagi hingga 3-5 tumpuk adonan kulit.

5. Gilas tumpukan kulit setipis mungkin. (Foto: Perbandingannya sebelum dan sesudah digilas gambar no.2)

6. Panaskan teflon dengan api sedang cenderung kecil. Pan masing-masing sisi 15-20 detik. Angkat lalu tutup dengan kain bersih.

7. Biarkan dingin. Kalau sudah dingin, lepas layer satu per satu.

8. Kulit lumpia siap digunakan. 

Cukup menarik untuk dicoba ya Bunda, asalkan Bunda mengikuti instruksi resepnya dengan seksama, membuat Kulit Lumpia Homemade tidaklah sesulit yang dibayangkan.

Oya, jika Bunda sudah mencoba membuat resep ini, kulit lumpia kering yang telah jadi namun belum akan digunakan, sebaiknya ditutup bagian permukaannya ya Bunda, agar tidak kering dan tidak pecah saat digunakan untuk membungkus. Bunda bisa tutup dengan lap bersih, atau masukkan ke dalam wadah bertutup. Untuk merekatkan atau mengelem adonan, gunakan larutan tepung terigu dan air atau telur yang dikocok lepas.

Selamat mencoba ya Bunda, semoga resep pilihan kami kali ini bermanfaat.

Sumber

0 Response to "Membuat Sendiri Kulit Lumpia Homemade yang Super Tipis Anti Robek? Ayo, Siapa Takut?!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel