Ladrang Stik Bawang Renyah Sekali Coba, Ingin Kunyah Lagi dan Lagi

Saat hari raya tiba, pasti akan banyak toples-toples cantik berisikan camilan-camilan enak yang berbaris rapi di atas meja tamu ya Bun? Ada yang manis, gurih, asin, sedikit pedas.. yang kesemuanya nikmat dan asik dinikmati sambil ngobrol bareng keluarga, sanak saudara, rekan dan sahabat. Salah satu camilan yang identik sering nangkring cantik di atas meja tamu ya siapa lagi kalau bukan si Ladrang Stik Bawang Renyah.

Naaah.. karena hari raya masih lama, hitung-hitung sekalian buat latihan bebikin camilan rumahan yang bikin kangen, yuk cobain eksekusi resep Ladrang Stik Bawang Renyah yang kali ini kami pilihkan untuk Bunda. Ssttt.. siapa tahu, kalau berhasil dan banyak yang suka, kan bisa untuk bisnis camilan mendadak pas hari raya, tuh!. Seperti apa resep dan tips nya supaya kue bawangnya sukses renyah dan cantik, yuk capcus simak di bawah ini.

Bahan-bahan

  • 1 kg terigu segitiga
  • 100 gr kanji (opsional)
  • 200 gr margarin (gunakan margarine yang murah, misal: Amanda)
  • 1 1/2 sdt Baking Powder
  • 1/2 bungkul bawang putih (sekitar 8 siung, haluskan)
  • secukupnya daun sledry iris-iris
  • 2 sachet kaldu sapi bubuk + sedikit garam (2 1/2 sdt atau sesuaikan selera)
  • 1 butir telur
  • 350-375 ml air (sesuaikan, cukup sampai adonan pera, jangan lembek)

Langkah Membuat

1. Campur semua bahan dalam satu wadah, kecuali air. Aduk rata, remas-remas hingga adonan bergumpal, tambahkan air sedikit demi sedikit, uleni hingga kalis, adonan jangan sampai terlalu lembek karena setelah matang malah akan terasa keras (takaran air boleh tidak dipakai semuanya)

2. Diamkan terlebih dulu 15 menit. Ambil sebagian adonan, gilas dengan menggunakan roll pin atau botol. Lalu giling di nomer 1. Lipat-lipat sampingnya supaya halus, roll lagi. Lalu gilas di nomer 3. Tujuannya digilas terlebih dahulu supaya tidak berat saat digiling

3. Lalu giling kembali ke nomer 5, setelah tipis, rapi dan mulus, giling di gilingan khusus ladrang / kue bawang. Lalu potong-potong dengan menggunakan gunting sekitar 4 – 5 cm, sesuai selera.

4. Panaskan minyak agak banyak, sampai betul-betul panas. Masukkan potongan ladrang secara bertahap, segenggam demi segenggam. Lebih jelasnya, ambil segenggam potongan adonan ladrang, goreng, langsung aduk cepat hingga ladrang mengapung, masukkan satu genggam lagi, aduk lagi, dan ulangi step hingga 3x. Goreng dan aduk-aduk ladrang hingga keemasan. Angkat, tiriskan.

Bagaimana, Bun? Kelihatannya ribet ya untuk membuat setoples Ladrang Stik Bawang Renyah nangkring di atas meja tamu.. lhaaah.. kan baru baca resep-belum dicoba. Enggak susah dan ribet kok! Setelah mencobanya, bakal terbayar saat Bunda merasakan renyah gurihnya kue bawang bikinan Bunda.. kres..kreess.. yummy!

Tips Ladrang Stik Bawaang Renyah dan Cantik

  • Agar hasilnya renyah, jangan terlalu banyak menambahkan air ke dalam adonan, meskipun nantinya akan mempermudah saat menggiling namun hasil setelah matang akan keras tidak renyah
  • Jenis margarin ternyata juga berpengaruh pada hasil akhir ladrang. Jika Bunda menggunakan margarin yang bagus di pasaran, hasil akhirnya meski akan tetap renyah, namun akan terlihat lebih berminyak segingga kurang cantik. Jadi gunakan margarin yang biasa atau murah
  • Agar hasil ladrang bisa menggembung cantik, minyak harus banyak dan pastikan sudah betul-betul panas saat memasukkan adonan. Dan masukkan potongan adonan ladrang segenggam demi segenggam seperti yang dijelaskan pada step resep di atas.

Sumber

0 Response to "Ladrang Stik Bawang Renyah Sekali Coba, Ingin Kunyah Lagi dan Lagi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel