Kue Getas Gula Putih Penganan Lawas yang Bikin Kangen Masa Kecil

Kue Getas, ada yang menyebutnya dengan nama Gemblong di beberapa daerah. Kue Getas adalah sejenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar lawas. Penganan ini terbuat dari adonan tepung beras ketan putih yang diuleni hingga kalis dan dibentuk bola lonjong. Lalu adonan ini digoreng, dan setelah dingin dilapisi dengan larutan gula pasir, sehingga penganan ini sering disebut Kue Getas Gula Putih.

Getas ketan merupakan cemilan khas daerah Surabaya, Jawa Timur dan biasanya mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional. Camilan ini enak dan renyah saat digigit, ditambah manis salut gula pasir yang menyelimuti bagian luarnya membuat getas ketan cocok disajikan dengan segelas teh hangat. Hhhmm.. tampaknya menarik untuk menjadi teman bersantai di sore hari bersama keluarga ya Bunda. Berikut ini resepnya yang bisa Bunda coba eksekusi.

Bahan-bahan

  • 125 gr Tepung ketan putih
  • 50 gr Tepung beras
  • 150 gr (1/2 butir) Kelapa parut kasar
  • 3/4 sdt Garam
  • 125 ml Santan (terbuat dari 1/2 butir kelapa)
  • Secukupnya Minyak untuk menggoreng
  • Bahan Salut gula
  • 75 gr Gula pasir
  • 35 ml Air

Cara Membuat

1. Siapkan semua bahan, rebus santan hingga agak hangat, sisihkan.

2. Campurkan tepung ketan, tepung beras, kelapa parut dan garam dalam wadah, aduk-aduk sampai rata.

3. Tambahkan santan hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk atau diuleni sampai menjadi adonan yang bisa dibentuk.

4. Kemudian ambil sedikit adonan sebesar telur ayam lalu bulatkan dan sedikit dipipihkan, lakukan terus sampai adonan habis.

5. Panaskan minyak dalam wajan dan goreng adonan getas hingga matang (berwarna kuning kecoklatan). Angkat dan tiriskan.

6. Membuat bahan gula salut: Rebus gula pasir dan air, aduk-aduk hingga gula berambut (kental dan berbuih). Kemudian kecilkan api dan masukkan kue getas, aduk-aduk cepat sampai semuanya terbalut gula, matikan api dan aduk-aduk lagi hingga kering.

7. Kue getas ketan siap untuk dihidangkan.

Cukup mudah ya Bunda untuk membuat Kue Getas Gula Pasir? Bahan-bahannya pun mudah didapatkan, bahkan mungkin tersedia di warung kelontong di dekat rumah Bunda. Rasanya yang kenyal lembut di dalam namun renyah di luar, serta rasa manisnya balutan gula pasir pasti akan membuat anak-anak pun menyukainya. Selamat mencoba ya, Bunda!

Sumber

0 Response to "Kue Getas Gula Putih Penganan Lawas yang Bikin Kangen Masa Kecil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel