Es Oyen Khas Bandung, Minuman Legendaris Penghapus Dahaga

Indonesia tak hanya kaya akan kuliner masakan yang lezat, namun juga akan ragam jenis minuman hangat maupun dingin atau es. Seperti salah satunya yang resepnya akan kita sajikan kali ini, Es Oyen Khas Bandung. Es yang cukup tersohor asal Bandung ini ternyata sudah merambah di berbagai kota di Indonesia. Entah itu cabang dari warung asli es Oyen Bandung, atau para penjual a la a la yang ingin ikut “numpang” mencari rejeki dengan memakai ketenaran nama Es Oyen. Lhoh.. lalu sebetulnya apa sih itu Es Oyen, kenapa dinamakan Oyen?

Konon dikatakan bahwa nama “Oyen" berasal dari nama sang penjual es oyen ini saat pertama kali dijual puluhan tahun lalu. Es Oyen tergolong sebagai minuman yang memiliki rasa unik dan khas, berbeda dengan es campur pada umumnya. Minuman satu ini memiliki rasa manis dan segar yang pas. Rasa nikmat tersebut didapatkan dari potongan nangka, alpukat, kolang-kaling, pacar cina, kelapa muda, susu kental manis, es serut, dan masih banyak lagi.

Hhmmm.. terbayang es buah yang manis segar yang jitu melepas dahaga di saat udara panas ya, Bunda!. Tak perlu kemana-mana, apalagi jauh-jauh pergi ke Bandung, karena Bunda hanya perlu pergi ke pasar atau ke swalayan untuk membeli bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Es Oyen Khas Bandung sendiri di rumah. Dan berikut daftar bahan yang perlu Bunda belanjakan;

Bahan-bahan

  • 3 buah alpukat
  • Secukupnya nangka
  • Secukupnya bubur sagu mutiara
  • 1 kaleng krimer kental manis
  • Secukupnya es batu
  • Secukupnya air putih

Simple syrup:

  • 5 sdm gula pasir
  • 1 cangkir air

Cara Membuat

1. Simple syrup: Panaskan gula dan air dalam panci hingga mendidih dan gula larut. Angkat dan dinginkan.

2. Belah alpukat menjadi 2 bagian, buang isi, kerok dagingnya dan taruh dalam mangkuk. Potong nangka menjadi kecil-kecil, taruh dalam mangkuk. Siapkan sagu mutiara yang direndam dalam sedikit air.

3. Siapkan pula simple syrup dan krimer.

4. Siapkan mangkuk, beri 3 sdm simple syrup, tambahkan alpukat, nangka, sagu mutiara, air putih dan es batu. Siram dengan krimer diatasnya. Es oyen siap dinikmati.

Bagaimana Bunda, tertarik untuk membuatnya di rumah? Tampilan Es Oyen Khas Bandung ini mirip dengan es teler yang kita kenal, tapi perbedaannya ada pada pemakaian pacar cina atau sagu mutiara. Dari resep di atas Bunda bisa lho menambahkan macam buah favorit Bunda dan keluarga. Oke Bunda, selamat mencoba dan berkreasi. Selamat menikmati segar dinginnya es oyen, ya Bunda!

Sumber

0 Response to "Es Oyen Khas Bandung, Minuman Legendaris Penghapus Dahaga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel