Enggak Ada Mangga Muda, Asinan Apel pun Jadi! Tak Kalah Nampol Euy!

Asinan, adalah salah satu kudapan lezat yang dibuat dengan cara pengacaran, bahan dasar yang dibuat bisa berupa berbagai jenis sayur dan buah-buahan. Di Indonesia, kita mengenal dua macam asinan yang berbeda dari cara penyajiannya. Asinan khas Betawi dan khas Bogor, dimana asinan Betawi menggunakan bumbu kacang, asinan Bogor menggunakan kuah yang diambil dari saripati cabai merah. Lalu asinan apa nih yang akan kita buat?

Oke Bunda, hari ini kita akan membuat Asinan Apel. Bunda bisa gunakan apel Malang, atau apel Gala, atau jenis apel lain yang bisa mudah temui di daerah Bunda tinggal. Lalu bagaimana cara membuatnya, yuk kita intip resep Asinan Apel dari Bunda Indry Hapsari di bawah ini.

Bahan-bahan

  • 1 buah apel fuji atau royal gala ukuran sedang
  • 1 buah apel greeny smith atau apel malang 2-3 buah
  • 8 buah cabai merah besar (sesuaikan selera), haluskan
  • 400 ml air
  • Secukupnya air asam jawa kental (bisa juga pakai cuka makan)
  • 1 sdt garam/sesuaikan selera
  • 7 sdm peres gula pasir/sesuaikan selera
  • Pelengkap : Kacang tanah goreng

Cara Membuat

1. Blender cabai dengan sedikit air, sisihkan. Potong-potong apel sesuai selera, setelah dipotong masukan ke dalam air matang, supaya apel tidak kecoklatan.

2. Campur cabai yang sudah dihaluskan dengan 400 ml air. Beri garam gula dan air asam jawa. Masak sampai mendidih. Setelah mendidih angkat dan saring. Koreksi rasa. Biarkan dingin.

3. Setelah kuah asinan dingin, masukan potongan apel, aduk rata. Masukan ke dalam lemari pendingin (dibiarkan semalaman lebih enak dan meresap bumbunya). Sajikan dingin dengan taburan kacang tanah goreng.

Sangat mudah bukan, untuk membuat Asinan Apel yang super duper nendang pedas-asamnya? Apalagi sajikan dingin-dingin.. Segeeeerr ibu-ibuu!!!

Oya Bunda, pada resep di atas diinstruksikan untuk memasukkan apel di saat kuah asinan telah dingin (yang sudah dimasukkan terlebih dahulu ke dalam kulkas), hal tersebut untuk menghindari buah apel menjadi layu, empuk dan tidak kress lagi karena terendam dalam kuah panas. Jadi supaya buah apel terasa masih segar disantap saat sudah menjadi asinan, ikuti instruksi resep secara seksama, ya!

Oke Bunda, selamat mencoba dan menikmati segarnya Asinan Apel ya Bun!

Sumber

0 Response to "Enggak Ada Mangga Muda, Asinan Apel pun Jadi! Tak Kalah Nampol Euy!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel