Cukup Tiga Bahan, Rasakan Manis Lembutnya Crème Caramel Pudding a la Perancis!

Crème Caramel Pudding, atau Crème Karamel, atau Flan, atau Caramel Custard adalah makanan penutup (dessert) dengan lapisan saus karamel bening. Dessert yang berasal dari Perancis ini memiliki rasa yang sangat lezat, manis dan teksturnya yang super silky membelai lidah. Berbeda dengan puding yang umum kita kenal di Indonesia yang menggunakan bubuk agar, puding asal Perancis ini berbahan dasar utama, telur, susu dan gula pasir, yang lalu diproses dengan cara dipanggang, alih-alih direbus seperti puding agar yang kita kenal.

Lalu seperti apa sih cara membuatnya? Mari Bunda, simak resep Crème Caramel Pudding berikut ini;

Bahan-bahan

Bahan Caramel

  • 50 gr gula pasir
  • 2 sdm air

Bahan Pudding

  • 200 ml susu cair full cream
  • 70 gr gula pasir
  • 3 butir telur
  • 1 sdt vanilla essence (opsional)

Langkah Membuat

1. Panaskan oven 150o Campur susu cair full cream, dan 70 gr gula pasir. Taruh di atas kompor dengan api sedang, aduk-aduk sampai gula larut. Matikan kompor, sisihkan.

2. Buat caramel; cairkan 50 gr gula pasir, tambahkan 2 sdm air. Tuang ke dalam cetakan puding/ramekin (harus dilakukan secara cepat, agar tidak mengkristal di panci). Diamkan sebentar agar caramel mengkristal di cetakan. (Bisa gunakan 2 buah ramekin, size 8 cm)

3. Kocok telur dalam wadah terpisah, beri essence vanilla. Lalu masukan ke dalam campuran susu, aduk hingga rata. Tuang ke dalam cetakan yang telah diberi caramel. Tutup cetakan dengan alumunium foil. Taruh cetakan dalam loyang yang diberi air panas setinggi 1.5 cm (au bain marrie). Panggang selama 30 menit, dengan api atas bawah (sesuaikan dengan oven masing-masing)

4. Cek kematangan pudding. Goyangkan ramekin/cetakan, jika tekstur sudah padat (tidak cair lagi), berarti sudah matang. Taruh dalam kulkas selama 2 jam.

5. Untuk menyajikan, lepaskan pudding dari cetakan, dengan bantuan spatula tipis memutar pada sisi-sisi ramekin (Lakukan pelan, agar sisi pudding tidak koyak). Balik ramekin yang telah dialasi dengan piring saji. Sajikan.

Taaarraaa… Puding a la Perancis, Crème Caramel Puddingsiap disajikan dingin sebagai makanan penutup yang manis nan lezat. Begitu suapan pertama, Bunda akan merasakan perpaduan rasa manis karamel dan tekstur lembutnya bak sutra yang siap membelai lembut lidah penikmatnya. Benar-benar sajian spesial untuk para sweet tooth! Yummehh..

Sumber

0 Response to "Cukup Tiga Bahan, Rasakan Manis Lembutnya Crème Caramel Pudding a la Perancis!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel