Coba Segarnya Resep Sup Ikan Bandeng Dan Tips Supaya Tidak Amis

Halo Bunda, sudah masak untuk menu makan siang? Bagaimana kalau kali ini kita masak olahan ikan yang segar? Seperti kita tahu, ikan bisa diolah menjadi berbagai sajian ya, Bunda. Mulai dari digoreng, dikukus, dipepes, hingga dimasak sup. Citarasa sup ikan amatlah digemari. Aromanya memang sedikit amis, tapi punya citarasa segar yang bikin makan jadi nikmat.

Rasa ikan yang nikmat dan bergizi ditambah dengan kuah sup yang begitu gurih, semakin menambah nafsu makan menjadi tinggi, apalagi bagi Bunda dan keluarga yang menyukai olahan ikan. Kali ini kita akan mengolah ikan bandeng untuk dijadikan sup ya Bunda. Bagaimana cara membuatnya, dan tips supaya tidak amis? Yuk simak resep Sup Ikan Bandeng dan tipsnya di bawah ini.

Bahan-bahan

  • 1 ekor ikan bandeng (sedang)
  • 3 gelas air

Bumbu:

  • 1 batang sereh (geprek)
  • 1 ruas jahe (geprek)
  • 2 batang daun bawang (potong-potong)
  • 1 buah tomat (potong kotak-tanpa biji)
  • 10 buah cabai rawit
  • 1 ruas kunyit
  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • secukupnya Kaldu bubuk, gula garam

Cara Membuat

1. Bersihkan ikan, potong-potong.

2. Uleg bawang merah, bawang putih, dan kunyit. Jika sudah halus, campurkan semua bumbu. Didihkan air dalam wajan, masukan bumbu tadi. Jika air sudah sedikit susut, masukkan ikan. Tunggu sampai matang, jangan lupa tes rasa. Siap disajikan

Hhmm.. aroma gurih Sup Ikan Bandeng menyeruak memenuhi ruangan dapur.. membuat sajian ini semakin menggugah selera. Sajikan bersama nasi putih hangat, dan jika Bunda suka, Bunda bisa lengkapi dengan sambal tomat untuk citarasa pedas nan segaaarr.. maknyuuss!!

Tips Supaya Kuah Sup Ikan Tidak Amis

Tak jarang kuah pada sup ikan malah mengeluarkan bau amis saat disajikan kelak. Imbasnya, selera makan pun dapat menurun ya Bunda. Dilansir dari laman www.idntimes.com berikut adalah tips untuk menghindari aroma amis pada masakan sup ikan;

  1. Pastikan gunakan ikan yang masih segar.

Ikan yang kesegarannya sudah jauh berkurang akan mengeluarkan aroma amis yang sangat menyengat, serta daging pada ikan tersebut pun tak lagi padat. Selain itu, ikan yang terlampau lama disimpan di dalam freezer juga cenderung memiliki bau lebih amis.

  1. Saat akan digunakan, bersihkan ikan dengan cara yang tepat

Cucilah ikan dengan bersih, buang isi perutnya, dan singkirkan sisik ikan dengan sempurna. Usut punya usut, terkadang bagian kepala ikan menyimpan bau amis yang lebih kuat dibandingkan bagian lain pada ikan tersebut. Dengan kata lain, apabila memang tak akan dikonsumsi, maka buanglah kepala ikan itu.

  1. Rendam ikan dalam air jeruk nipis atau air asam jawa atau cuka apel atau lemon

Perasan jeruk nipis memang kadung dikenal sebagai bahan alami untuk menyingkirkan bau amis. Alternatif lain yakni air asam jawa, lemon, atau cuka apel. Rendamlah ikan yang akan digunakan di dalam salah satu bahan tersebut selama 10-20 menit.

  1. Tambahkan potongan tomat dan irisan daun bawang ke dalam kuah sup

Kendati hidangan sup terbilang menggunakan rempah yang tak sebanyak gulai, namun tak ada salahnya untuk lebih memperkaya sup tersebut dengan bumbu dapur lain agar aroma amis dapat lebih tersamarkan. Misalnya, tambahkan potongan tomat dan irisan daun bawang ke dalam kuahnya.

  1. Masak kuah hingga matang, dan masukkan ikan saat kuah sup sudah mendidih

Masak kuah untuk sup terlebih dahulu lengkap dengan bumbu-bumbunya, dan masukkan ikan ketika kuah tersebut sudah mendidih. Pasalnya, kuah yang sudah matang dan air mendidih itu dapat menyamarkan aroma amis dari ikan tersebut.

Semoga tips di atas bermanfaat saat Bunda mencoba kelezatan resep Sup Ikan Bandeng, ya.

Sumber

0 Response to "Coba Segarnya Resep Sup Ikan Bandeng Dan Tips Supaya Tidak Amis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel