Cireng Isi Bakso Sambal Terasi, Pedas Mantap Bikin Nagih

Suka jajan cireng? Daripada jajan, kenapa enggak bikin sendiri di rumah, Bunda? Tentunya akan lebih ekonomis tapi dapet porsi yang lebih puas, rasanya lezat sesuai selera, dan jaminan mutu kualitas bahan yang dipakai kan? Cireng dikenal sebagai salah satu makanan khas Sunda yang punya banyak kreasi menarik. Salah satunya Cireng Isi Bakso Sambal Terasi yang cocok jadi camilan di rumah.

Cireng singkatan dari “aci (tepung kanji) digoreng”, memiliki berbagai varian rasa mulai dari cireng tanpa isi, original, cireng isi ayam, oncom, kornet, sapi, pizza, ayam teriyaki, barbeque, sambal kacang, sosis, bakso, keju, dan masih banyak yang lainnya. Dan ternyata bikinnya nggak ribet kok! Coba deh ikutin resep cireng isi di bawah ini.. yuk capcus ke resepnya!

Bahan-bahan

Bahan kulit

  • 250 gr sagu
  • 125 gr tepung terigu
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 210 ml air mendidih
  • Garam / kaldu bubuk

Bahan isian

  • 1 bungkus Bakso
  • 4 bungkus Sambal terasi instan

Langkah Membuat

1. Campur sagu, terigu, bawang putih bubuk (bisa diganti bawang putih ulek 1 siung), garam atau masako secukupnya lalu aduk rata jadi satu.

2. Tuang air yang baru saja mendidih, uleni dengan sendok, kalau sudah agak hangat atau sudah bisa dipegang tangan uleni pakai tangan sampai tidak lengket lalu buat ukuran kecil-kecil seperti di gambar.

3. Lanjut buat isiannya, potong-potong bakso jadi kecil-kecil lalu goreng garing, tumis dengan sedikit minyak sambal terasi instannya kemudian kasih sedikit air sambil masukan bakso yang sudah digoreng tadi, tunggu sampai airnya kering.

4. Giling menggunakan mesin giling adonan kulitnya kalau mau rapi dan sama semua ukurannya, kalau tidak punya bisa pakai botol atau apa saja untuk dipipihkan, lalu beri isian kemudian tutup bagian atasnya dengan adonan lagi. Lalu cetak, tekan-tekan bagian pinggiran isian supaya lebih menempel.

5. Setelah di cetak cireng sudah bisa di goreng, goreng dengan api kecil yang sudah panas sambil di guyur2 bagian atasnya, kalo sudah melembung baru di balik, jangan di bolak balik kalo belum mlembung, nanti bisa alot..

Perpaduan rasa gurih tepung yang digoreng, lalu diisi dengan ayam bumbu pedas dijamin bikin ketagihan. Jadi kalau di rumah lagi pengin camilan, buruan eksekusi resep Cireng Isi Bakso Sambal Terasi di atas ya, Bunda!. Sstt.. bikin yang banyak, Bun! Biar kalau makan banyak, si Ayah dan anak-anak enggak protes karena kehabisan cireng isinya.. . Selamat mencoba!

Sumber

0 Response to "Cireng Isi Bakso Sambal Terasi, Pedas Mantap Bikin Nagih"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel