Cilung, Jajanan Anak SD yang Bikin Kangen Masa Sekolah

Siapa yang belum kenal dengan Cilung, Jajanan Anak SD? Pasti banyak yang sudah tahu ya, atau paling tidak pernah mendengarnya. Cilung adalah singkatan dari “aci digulung”. Sejarah kapan cilung dan siapa yang mencetuskannya pertama kali makanan ini sendiri tidak diketahui. Mungkin saja tercipta bersama teman aci nya yang lain, seperti cilok dan cireng. Cilung biasanya memiliki bentuk lembaran aci yang kemudian diberi berbagai jenis isi di bagian dalamnya lalu digulung memanjang. Berbeda dengan cilok yang biasanya berbentuk bulat-bulat kecil dan biasa dinikmati dengan bumbu sambal kacang.

Dari tampilan luar, bentuk cilung mirip dengan telur dadar yang digulung. Pun begitu juga rasanya, mirip dengan telur gulung, namun memiliki tekstur yang lebih kenyal. Seperti kita ketahui, bahwa cilung adalah jajanan tradisional khas Bandung yang banyak dijual oleh pedagang kaki lima yang biasanya berjualan di depan dan di sekitar sekolahan SD, dan tidak dijual di restoran atau rumah-rumah makan ya Bunda. Itu kenapa Cilung identik sebagai jajanan anak sekolah.

Jika Bunda ingin mencicipi cilung tapi malas untuk membelinya, Bunda dapat membuat sendiri makanan ini di rumah. Bahan-bahan yang perlu Bunda siapkan, dan bagaimana langkah membuatnya, bisa Bunda simak di resep berikut ini.


Bahan-bahan

Adonan Tepung (campurkan, konsistensi encer):

  • 2 sdm Tepung terigu
  • 5 sdm Tepung kanji
  • Secukupnya Garam, Dashi atau bubuk kaldu lain, dan Lada
  • Secukupnya Air putih

Adonan Telur (campurkan):

  • 1 butir Telur ayam
  • Sejumput Garam
  • Sedikit Air putih

Filling (sesuai selera):

  • Secukupnya Bumbu tabur
  • Secukupnya Bubuk cabe
  • Secukupnya Saos sambal

Lainnya:

  • Sedikit Minyak goreng/margarin

Langkah Membuat

1. Olesi wajan dengan minyak tipis-tipis atau lelehkan margarin di atas api kecil. Tuang adonan telur sebanyak 2 sdm. Jangan lupa, pakai api kecil!

2. Tuang adonan tepung sebanyak 1 sendok sayur, segera ratakan/tipiskan dengan cara goyangkan wajan memutar.


3. Beri filling sesuai selera, dadar sampai kering.

4. Tusuk menggunakan tusuk sate di pinggir, lalu gulung. Tapi tanpa tusuk sate pun bisa

5. Ulangi langkah 1-4 sampai adonan habis

6. Sajikan hangat

Bagaimana Bunda, tertarik untuk mencoba sendiri di rumah? Meski menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat, untuk menghasilkan Cilung, Jajanan Anak SD ini butuh ketelatenan dan latihan lho supaya menghasilkan gulungan cilung yang rapi dan cantik menggoda untuk disantap. So, tunggu apalagi untuk bernostalgia masa sekolah dulu lewat jajanannya yang ngangenin. Yuk, buruan eksekusi!

Sumber

0 Response to "Cilung, Jajanan Anak SD yang Bikin Kangen Masa Sekolah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel