Chicken Karaage Simpel dan Enggak Pake Repot Bisa Untuk Bekal Sekolah, Lho!

Siapa sih yang tak suka dengan daging ayam fillet yang digoreng tepung renyah nan gurih, terutama anak-anak. Tak hanya orang Indonesia yang gemar makan ayam, Jepang juga memiliki olahan berbahan ayam yang digemari oleh warganya. Salah satunya Chicken Karaage atau dikenal juga dengan sebutan Japanese fried chicken.

Lalu apa sih arti Karaage itu? Karaage adalah teknik memasak a la Jepang dimana bahan dasar yang biasanya menggunakan ayam, daging atau ikan, digoreng dengan minyak yang banyak hingga terendam. Sebelum digoreng dengan balutan tepung, daging dimarinasi dengan mirin atau saus rendaman asin yang dibuat dari campuran kecap asin, bawang putih, dan jahe, kemudian dilapisi tepung terigu atau tepung kentang (Wikipedia, 2019). Proses ini mirip saat kita membuat tempura, ya Bunda.

Untuk membuat karaage ini, Bunda bisa menggunakan fillet daging paha ayam bagian atas buang tulangnya. Jika Bunda merasa kesulitan mem-fillet nya sendiri, Bunda bisa lho membeli yang sudah siap pakai di pasar swalayan. Atau Bunda bisa minta tolong tukang ayam untuk membuang tulangnya. Bagian ayam ini berlemak sehingga rasanya lebih gurih renyah. Bunda bisa membuang kulitnya jika tidak terlalu menyukainya.

Oke, sekarang kita langsung cek bagaimana resep Chicken Karaage yang mudah dan praktis Bunda praktekkan di rumah, ya Bun..

Bahan-bahan

  • 500 gr fillet paha ayam

Bumbu marinasi :

  • 2 sdm kecap asin
  • 2 siung bawang putih cincang halus (1 sdt bubuk bawang putih)
  • 1 sdt jahe cincang halus (1/2 sdt bubuk jahe)
  • 1/2 sdm minyak wijen

Bumbu tepung :

  • 1 butir telur
  • 6 sdm tepung maizena

Cara Membuat

1. Siapkan daging fillet yang sudah bersih.

2. Masukan semua bumbu marinasi, aduk hingga rata. Tutup wadah, biarkan di suhu ruangan selama 30 menit - 1 jam.

3. Setelah 1 jam, aduk lagi hingga rata.

4. Masukan 1 butir telur, aduk rata.

5. Masukan tepung maizena, aduk hingga rata. Pastikan semua ayam terkena tepung.

6. Panaskan minyak dengan api sedang, jika minyak sudah panas masukan ayam sebentar saja hingga berwarna kuning coklat muda. Tiriskan sebentar.

7. Setelah ayam dingin, panaskan kembali minyak dengan api sedang, goreng hingga kecoklatan. Tiriskan, pindahkan ke piring. Sajikan.

Bagaimana Bunda, ternyata cukup mudah dan simpel bukan untuk memasak Chicken Karaage sendiri di rumah. Siapkan wadah bekal sang buah hati, masukkan beberapa buah Chicken Karaage dan sajikan bersama saos dan mayonaise favorit si kecil. Selamat mencoba ya Bunda!

Sumber

0 Response to "Chicken Karaage Simpel dan Enggak Pake Repot Bisa Untuk Bekal Sekolah, Lho!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel