Ceriakan Harimu Dengan Segarnya Sup Ayam Tomat Sajikan Hangat di Pagi Hari, Laziiiiz!

Menyantap sop ayam kuah bening sudah biasa ya Bunda.. bagaimana kalau kali ini kita coba membuat kreasi sup ayam yang yang tak kalah segarnya, yaitu Sup Ayam Tomat. Sup ayam yang satu ini memiliki penampilan kuah berwarna merah, yang tentunya warna ini muncul karena penggunaan tomat yang cukup dominan dalam masakan ini. Hmmmm… menarik untuk dicoba, ya Bun!

Jika umumnya sayuran akan kehilangan nutrisi setelah dipanaskan atau dimasak, tetapi tidak dengan tomat, lho Bunda! Tomat akan lebih kaya nutrisi setelah terkena suhu panas atau dimasak. Tomat kaya vitamin C dan likopen, dan likopen inilah yang akan bertambah tinggi ketika dimasak. Namun, sayangnya vitamin C yang terkandung akan banyak berkurang. Sebuah penelitian dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa memasak tomat jauh lebih bermanfaat dibanding dimakan mentah. Likopen dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit, menurunkan risiko kanker, meningkatkan kesehatan jantung, serta meningkatkan respon saraf.

Well.. setelah lebih mengetahui manfaat tomat bagi tubuh, sudah siap untuk mencoba Sup Ayam Tomat a la Bunda Joanne Sebastian? Berikut ini adalah resepnya;

Bahan-bahan

  • 200 gr daging ayam tanpa tulang, potong dadu
  • 200 gr tomat, iris-iris
  • 1 batang daun bawang, iris
  • 700 ml kaldu ayam / air
  • 1 sdm kecap asin
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdm minyak wijen (boleh skip)
  • 2 sdt garam, cicipi dulu

Bumbu dicincang halus :

  • 2 siung bawang putih
  • 3 butir bawang merah

Cara Membuat

1. Dalam 1 panci, masak air bersama potongan ayam, biarkan hingga mendidih

2. Sambil menunggu air ayam mendidih, tumis bawang-bawangan hingga harum

3. Masukkan bumbu tumis kedalam kuah ayam yang sudah mendidih, biarkan hingga beberapa saat hingga ayam empuk

4. Jika dirasa ayam sudah empuk, masukkan tomat, bumbui dengan garam, merica dan kecap asin, lalu tuang irisan daun bawang biarkan mendidih sekali lagi, matikan api, tuang minyak ke dalam panci wijen, sajikan

Sluuurrrp… segarnya menyeruput kuah Sup Ayam Tomat di pagi hari. Kuah hangatnya yang terasa gurih mantap dan sensasi asam dari tomat siap menemani Bunda dan keluarga mengawali hari yang hangat dan ceria. Bunda bisa menyajikannya bersama nasi putih hangat. Atau sajikan dengan beberapa lembar bread toast atau roti panggang. Cara membuat bread toast: 3 lembar roti tawar tanpa kulit, dipotong dua, dipotong lebar 1 cm, oven sampai kering.

Selamat mencoba ya Bunda!

Sumber

0 Response to "Ceriakan Harimu Dengan Segarnya Sup Ayam Tomat Sajikan Hangat di Pagi Hari, Laziiiiz!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel