Bosan Menyantap Nasi? Bikin Saja Macaroni Schotel Panggang yang Super Cheesy

Tak bisa dipungkiri ya Bun, meski nasi adalah sumber karbohidrat pokok bagi masyarakat Indonesia, ada kalanya kita merasa bosan menyantap nasi dan ingin mengganti sumber karbohidrat lainnya seperti olahan bakmi atau pasta, ya. Nah jika saat ini Bunda sedang mencari hidangan lain yang lezat, sehat, sekaligus mengenyangkan, yuk kita buat Macaroni Schotel Panggang.

Jika di masyarakat kita biasanya macaroni dimasak untuk isian sop, tapi bagi negara-negara barat macaroni sendiri kerap dihidangkan dengan beragam olahan. Mulai dari macaroni cheese, macaroni bolognaise dan juga macaroni schotel. Macaroni schotel  merupakan sajian kuliner khas Belanda. Kata Macaroni schotel diambil dari bahasa Belanda yaitu kata “Schotel” yang artinya pinggan, jika disimpulkan macaroni schotel adalah sajian macaroni yang dibuat dalam wadah pinggan.

Cara membuat macaroni schotel bisa dilakukan dengan dua versi yaitu dengan cara dipanggang ataupun dikukus. Cara membuat macaroni schotel dengan cara dikukus akan menghasilkan sajian macaroni yang lembut dan lembab karena taburan keju parutnya bisa meleleh dan lumer. Sebaliknya jika dipanggang sajian macaroni schotel menghasilkan rasa yang renyah, kering dan enak.

Nah.. tertarik untuk membuat Macaroni Schotel Panggang yang ngeju banget a la Bunda Tintin Reyner? Ngga bakal nyesel deh, karena sajian ini super duper lezatos! Yuk, simak resepnya berikut ini!


Bahan-bahan

  • 1 butir Bawang Bombay ukuran sedang
  • 200 gr macaroni elbow rebus tiriskan, beri minyak, aduk rata
  • 140 gr Keju Parut (bisa dicampur cheddar, mozzarella atau edam)
  • 3 buah Sosis sapi, potong kecil
  • 4 btr Telur utuh
  • 320 ml Susu cair Full cream
  • Sesuai selera garam, pala, merica
  • 1 buah Wortel potong dadu kecil

Bahan Saus Putih :

  • 160 gr Keju parut (bisa gunakan cheddar, mozarella atau edam)
  • 300 cc Susu Cair
  • 2 sdm Tepung segitiga
  • 2 sdm butter

Cara Membuat

1. Tumis bawang bombay dengan 2 sdm butter sampai harum, masukkan sosis, wortel, aduk-aduk sampai matang

2. Masukkan macaroni rebus, keju, aduk asal rata.

3. Segera tuangi campuran susu dan telur, lalu bumbui pala, garam, merica, kaldu bubuk, dan gula sesuai selera. Masak lagi sekitar 5 menit, supaya meresap.

4. Saus putih: Panaskan butter, masukkan tepung terigu, aduk cepat supaya tidak menggumpal, segera tuangi susu dan keju. Masak api kecil sampai mengental dan keju larut.


5. Tata macaroni di atas pyrex atau ramekin atau alumunium cup, setinggi 3/4 saja. Siram dengan saus putih, taburi sedikit keju parut, oregano/parsley sesuai selera, siap dipanggang.

6. Panggang di suhu 180 derajat sekitar 40 menit sampai harum matang 

7. Setelah matang, tunggu hangat, potong-potong sesuai selera, sajikan.

Bagaimana, sudah siap membuat Makaroni Schotel Panggang nya? Sajikan hangat lebih lezat, lengkapi dengan saos tomat dan saos sambal.. hhmm.. lekkeeer!!

Sumber

0 Response to "Bosan Menyantap Nasi? Bikin Saja Macaroni Schotel Panggang yang Super Cheesy"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel