Baklava, Kudapan Manis dari Turki Jadikan Hidangan Penutup yang Spesial

Baklava, mungkin banyak Bunda yang baru mendengarnya pertama kali. Kudapan manis yang datang dari kekaisaran Ottoman, Turki ini memang belum populer di Indonesia. Sedangkan di negara asalnya, Baklava telah dikenal sejak ribuan tahun yang silam. Makanan pencuci mulut ini terbuat dari Phyllo pastry yang diisi dengan campuran kacang seperti pistasio, kenari, kacang tanah ataupun mede. Baklava selalu hadir dan sudah menjadi keharusan untuk disajikan dalam setiap jamuan makan ataupun minum teh yang dilakukan oleh masyarakat Turki. Bentuk dan warna yang beragam dengan sensasi rasa yang berbeda membuat pastry ini juga digemari oleh para pencinta kuliner di dunia.

Phyllo sendiri merupakan lembaran adonan tipis yang dapat dibeli dalam keadaan beku atau segar. Bahan ini terbuat dari adonan tepung, air, minyak, cuka dan kuning telur. Campuran ini kemudian dipipihkan sampai setipis kertas. Setiap penipisan harus ditaburi tepung agar tidak lengket untuk menghindari agar phyllo tidak putus atau robek. Untuk membuat Baklava diperlukan sekitar 40 phyllo pastry yang dioles dengan mentega tawar (korsvet) lapis demi lapis. Tumpukan phyllo ini kemudian diisi dengan satu jenis kacang atau campuran beberapa kacang, tergantung selera atau kebiasaan. 

Tertarik untuk membuatnya, berikut resep Baklava yang bisa Bunda coba praktekkan di rumah.


Bahan-bahan

  • 36 lembar kulit phyllo pastry
  • 130 gr Mentega / butter
  • 1/2 cup Minyak sayur
  • 150 gr pistachio, blender hingga halus

Simple syrup :

  • 1 cup air
  • 350 gr gula pasir
  • 3 sdm air perasan jeruk lemon

Cara Membuat

1. Simple syrup: Masak air dan gula hingga mendidih lalu matikan api. Berinperasan jeruk lemon lalu sisihkan. Lelehkan mentega lalu matikan api beri minyak sayur, lalu olesi loyang dengan mentega cair.

2. Taruh selembar kulit phyllo diatas loyang yang telah diolesi mentega lalu letakkan selembar lagi diatasnya kulit phyllo, oles permukaan kulit phyllo dengan mentega cair hingga rata. Lalu letakkan lagi selembar kulit phyllo diatasnya dan letakkan lagi selembar phyllo diatasnya kembali lalu oles lagi permukaannya dengan mentega cair. (oleskan mentega per 2 lembar kulit phyllo). Lakukan sampai lapisan kulit ke 16.


3. Setelah lapisan ke 16 selesai (lapisan ini jangan dipoles mentega) taburi kacang pistachio hingga rata. Lalu tutup kembali dengan lembaran kulit pistachio, olesi kulit phyllo dengan mentega cair di tiap lembaran ke 2. Lakukan hingga kulit phyllo habis.

4. Setelah semua kulit phyllo tersusun di loyang lalu iris dengan menggunakan pisau tajam dengan membuat pola diamond atau kotak sesuai selera. Setelah semua teriris tuang sisa mentega cair ke atas adonan baklava hingga rata. Panggang dengan suhu 180'C selama 30 menit dengan menggunakan api atas bawah.

5. Setelah baklava matang, siram dengan simple syrup. Diamkan beberapa saat sampai simple syrup terserap. Siap disajikan.

Hhmm.. Bagian luar yang renyah dari lapisan adonan tipis yang bertumpuk-tumpuk, berpadu dengan gurihnya cacahan halus kacang pistachio di bagian dalam. Aroma wangi butter yang tercium dan rasa manis dari simple syrup membuat lidah orang langsung berdecak nikmat. Yum.. yumm.. sajian Baklava ini sungguh sayang untuk dilewatkan. Untuk mendapatkan phyllo pastry, Bunda bisa membelinya di supermarket besar di kota Bunda, atau membelinya melalui online shop, ya.

So.. Selamat mencoba ya Bunda!

Sumber

0 Response to "Baklava, Kudapan Manis dari Turki Jadikan Hidangan Penutup yang Spesial"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel