Acar Mentah Timun Wortel Sajian Pelengkap Bercitarasa Menyegarkan

Saat kita membeli nasi goreng atau mie goreng, mie ayam, sate, martabak telur, hampir bisa dipastikan kita akan mendapat sajian pelengkap berupa acar timun mentah ya, Bunda. Yap, karena ada banyak makanan yang tersaji bersama acar timun sebagai pelengkapnya. Acar yang disajikan biasanya berisi timun dan wortel yang diawetkan bersama cuka dan air garam. Acar dapat meningkatkan asupan antioksidan dalam tubuh. Antioksidan alami yang ditemukan dalam timun dan wortel membantu tubuh memerangi radikal bebas. Cuka dan rempah dalam acar juga tak kalah menyehatkan. Seperti pilihan resep kita kali ini, Acar Mentah Timun Wortel yang bisa Bunda coba buat di rumah.

Meskipun populer sebagai kuliner tradisional di Indonesia, namun acar sebenarnya berasal dari kawasan India, lho Bunda. Di sana, acar memiliki sebutan “aachaar” dan biasanya dibuat dari bahan utama berupa mangga dan jeruk limau. Hhhmm.. unik juga ya!. Fungsi utama dari acar adalah untuk memberikan kesegaran di mulut ketika mengkonsumsi masakan dengan rasa yang kuat. Namun, tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kenikmatan sajian kuliner saja, acar juga sangat bermanfaat untuk menetralisir efek buruk dari kuliner yang kita santap.

Nah.. tertarik mencoba? Yuk langsung Bunda simak resepnya berikut ini!

Bahan-bahan

  • 4 buah timun ukuran sedang
  • 3 buah wortel
  • 12 butir bawang merah
  • 24 buah cabai rawit ijo
  • 2 sdm gula pasir atau sesuai selera
  • 3 sdm cuka (jika tidak suka asam bisa dikurangi)
  • 1/2 sdt garam
  • air panas secukupnya buat mencairkan gula

Cara Membuat

1. Kupas bawang merah dan wortel, lalu cuci beserta cabai dan timun hingga bersih, tiriskan. Belah dan buang biji timun.

2. Potong-potong timun, wortel dan bawang merah sesuai selera, lalu masukan potongan wortel, timun, bawang merah dan juga cabai ke dalam baskom, tambahkan gula yang sudah dicairkan, garam dan cuka, aduk hingga rata koreksi rasa.

3. Masukkan ke dalam toples kaca, simpan di dalam kulkas, selama semalaman. Sajikan esok harinya untuk dinikmati dengan nasi goreng atau mie goreng.

Well.. membuat acar ternyata sangat mudah, ya Bunda. Bunda juga bisa membuat Acar Mentah Timun Wortel ini dalam jumlah banyak dan menyimpannya di kulkas. Tak perlu khawatir, metode membuat acar ini merupakan salah satu cara pengawetan makanan. Bila menyimpan dengan wadah bersih, tertutup rapat, dalam suhu dingin, dan usahakan selalu menggunakan sendok yang bersih saat menyendok acar, maka acar akan bisa bertahan lama. Selamat mencoba ya Bunda!

Sumber

0 Response to "Acar Mentah Timun Wortel Sajian Pelengkap Bercitarasa Menyegarkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel