Tumis Buncis Udang Saos Tiram, Resep Kilat Buat Bunda yang Sibuk

Bener enggak sih, hal ini kadang suka bikin Bunda dilematis? Yaitu saat pekerjaan lain menumpuk dan menanti untuk segera diselesaikan, tapi Bunda juga belum masak hidangan untuk makan si Ayah dan anak-anak sepulang mereka ke rumah.. nah loh! Tapi sekarang tak perlu bingung dan tak perlu ragu lagi, Bun! Karena kali ini kami akan sajikan resep simpel rasa spesial a la Bunda Tintin Reyner yang patut Bunda coba, Tumis Buncis Udang Saos Tiram. Widiiiih… dari namanya saja sudah bisa membayangkan bagaimana kelezatannya tuh…

Yuk, langsung saja kita simak bareng, bagaimana cara mengolah sayur buncis dan udang menjadi sajian sederhana namun bercitarasa spesial.

Bahan-bahan

  • 3 Ons Buncis, iris serong
  • 3 Biji Cabai Merah besar (iris, buang bijinya)
  • 2 ons Udang (kupas, kerat punggung, sisakan ekor)
  • 3 butir Bawang Merah (iris tipis)
  • 3 siung Bawang Putih (iris tipis)
  • Bumbu :
    • 3 sdm Saos Tiram
    • 1 sdt Gula Pasir/sesuai selera
    • 1/4 sdt Kaldu Bubuk/Garam Sesuai slera

Cara Membuat

1. Siapkan bahan-bahan

2. Tumis bawang-bawangan, cabai sampe harum. Masukkan udang, tumis hingga berubah warna

3. Setelah udang berubah warna dan harum. Masukkan buncis, dan tumis lagi. Beri bumbu: saus tiram, sedikit gula, sedikit kaldu bubuk

4. Test rasa, angkat. Sajikan.

Lhoh, sudah?! Ya sudahlah, kan sudah dibilang resep Tumis Buncis Udang Saos Tiram ini resep simpel yang enggak pake lama untuk membuatnya. Rasanya pun jangan diragukan lagi.. belum-belum bisa habis tuh jatah nasi untuk nanti malam. Tidak apa-apa.. asal keluarga senang, Bunda pun bahagia! Bangga juga dooong masakannya diserbu habis orang-orang terkasih.. cakeeeep!!

Tips Mengolah Udang

Oya Bunda, terkadang muncul masalah saat mengolah udang ya, yaitu baunya yang amis atau anyir. Tentu aroma itu akan merusak citarasa masakan yang kita buat. Enggak mau kan, masakan kita yang seharusnya lezat malah rusak karena pengolahan udang yang kurang tepat? Yuk, ikuti tips berikut;

  • Bunda bisa merendam udang dalam cuka terlebih dahulu, agar kulitnya mudah dikupas. Kemudian, cuci udang dalam air mengalir. Lepas kepala udang terlebih dahulu lalu bersihkan kotorannya.
  • Gunakan sedikit saja (jangan terlalu banyak) air perasan jeruk nipis untuk menambahkan ekstra kesegaran sekaligus penghilang bau anyir. Jangan tambahkan garam! Karena akan merusak tekstur udang.
  • Kepala dan kulit udang jangan dibuang! Bunda bisa manfaatkan untuk membuat kaldu udang. Caranya sangrai kepala dan kulit dalam sedikit minyak hingga berwarna kemerahan, kering dan harum. Lalu rebus dalam air mendidih, tambahkan sepotong jahe untuk mengurangi aroma amisnya. Rebus dengan api kecil hingga air sedikit menyusut dan berwarna oranye kecoklatan. Saring. Air kaldu udang siap digunakan.

Selamat mencoba ya Bunda! Jangan lupa untuk membagikan link ini kepada sahabat dan kerabat, ya. Semoga bermanfaat!

Sumber

0 Response to "Tumis Buncis Udang Saos Tiram, Resep Kilat Buat Bunda yang Sibuk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel