Lagi Gabut? Bikin Saja Mie Homemade Sehat Untuk Keluarga Tercinta

Saat bosan makan nasi, mie menjadi solusi makanan pengganti karena dianggap sama-sama sebagai sumber karbohidrat. Baik itu mie kering, mie basah, hingga paling praktis adalah mie instan. Namun sayangnya tidak semua mie baik untuk dikonsumsi harian lho Bunda, terutama mie instan.

Menurut penelitian, ternyata menyantap mie instan seberat 35-40 gram (satu kemasan) menyumbang lima kali kalori lebih besar dibandingkan nasi putih dengan berat yang sama. Artinya menyantap mie instan lebih beresiko menyebabkan tubuh lebih cepat gemuk (www.alodokter.com, 2018). Nah looo.. siapa hayo yang menganggap menyantap mie tidak akan membuat gemuk karena tidak mengenyangkan? Ternyata salah ya Bun...

Lalu bagaimana jika membeli mie basah saja? “Ngga mau ah, ntar diawetin pakai formalin lagi!!” mungkin ada sebagian Bunda yang merespon seperti itu, ya? Oke, fix! Berarti artinya, Bunda tetap ingin bisa menikmati semangkok mie, tapi sehat kan? Ini solusi nya, saat pekerjaan rumah sudah beres dan Bunda ada waktu luang, cobain yuk bikin Mie Homemade Sehat! Ini dia resepnya. Check it out!

Bahan-bahan

  • 500 gr terigu protein tinggi (misal: Cakra Kembar)
  • 100 gr Tepung tapioka
  • 1 butir telur ukuran besar
  • 1 sdt munjung garam halus
  • 200 ml air

Cara Membuat

1. Campur terigu, tapioka dan garam, aduk rata. Lalu tambahkan telur

2. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni

3. Setelah cukup rata, pipihkan sedikit agar mudah digiling di ampia, adonan memang agak pera agar hasil bagus dan kenyal, jangan sampai kelembekan, karena mie akan lengket dan tidak dapat terpotong sempurna di ampia.

4. Giling menggunakan ampia dari ketebalan nomor 1, giling 3 kali (hasilnya seperti terlihat di foto)

5. Kemudian pindah ke nomor 2, giling lagi minimal 3 kali giling (hasilnya seperti terlihat di foto)

6. Kemudian pindah ke nomor 3 giling lagi 3x (hasilnya seperti terlihat di foto).

7. Terakhir pindah ke nomor 4, giling 3x lagi, sampai tahap ini Bunda tidak perlu menaburi adonan dengan Tepung sama sekali, karena adonannya sudah pas keringnya dan tindak lengket sama sekali.

8. Terakhir sebelum masuk ke pemotongan mie, sebaiknya baluri lembaran-lembaran adonan tadi dengan tepung terigu tipis-tipis.

9. Letakkan hasilnya di meja/ nampan/ talenan yang sudah ditaburi tepung sedikit, lalu taburi juga permukaan mie dengan sedikit tepung,

10. Bagi mie sesuai takaran yang diinginkan, untuk per porsi 50 gram, bisa menghasilkan 14 porsi. Mie siap digunakan untuk berbagai macam olahan.

Proses untuk membuat Mie Homemade Sehat memang memerlukan kesabaran, ketelatenan ya Bunda, supaya menghasilkan mie yang lezat, kenyalnya pas, dan tampilannya cantik.

Oya, Mie Homemade ini tahan disimpan di kulkas bawah hingga 24 jam, dan sekitar 1 bulan di freezer ya Bunda, bisa dijadikan stok sewaktu-waktu diperlukan. Saat akan digunakan, keluarkan terlebih dahulu hingga suhu ruang, dan mie siap diolah menjadi masakan lezat.

Selamat mencoba Bunda, semoga sukses! Salam sehat!

Sumber

0 Response to "Lagi Gabut? Bikin Saja Mie Homemade Sehat Untuk Keluarga Tercinta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel