Kue Bawang Simpel Nan Renyah, Bikin Mulut Sulit Berhenti Mengunyah

Kue kering bawang, siapa sih yang tidak kenal dengan camilan renyah gurih ini yang biasanya hadir saat momen lebaran bersama nastar dan kue kering lainnya. Kue Bawang atau keripik bawang atau stik bawang (untuk yang berbentuk panjang) adalah salah satu resep cemilan tradisional yang enak, renyah dan lezat yang dengan mudah bisa kita buat sendiri untuk keluarga di rumah. Rasanya yang renyah dan gurih memang pas sekali untuk teman nonton TV atau sekedar menikmati secangkir kopi dan teh di pagi atau sore hari.

Jika Bunda tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah, cara membuat kue bawang ini sangat mudah dan sederhana sekali lho Bunda! Tidak perlu waktu lama, terciptalah kue cemilan kering yang enak dan lezat buat seluruh anggota keluarga. Seberapa mudahnya, yuk simak resep Kue Bawang Simpel Nan Renyah, berikut ini!

Bahan-bahan

  • 300 gram terigu serbaguna
  • 50 gram tapioka
  • 30 gram margarin
  • 5 butir bawang merah, parut halus
  • Secukupnya garam/kaldu bubuk
  • Seledri iris halus (boleh skip)
  • 110 ml air
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat

1. Tumisan bawang merah: parut bawang merah kemudian tumis dengan sedikit margarin sampai layu saja, matikan api kemudian masukkan sisa margarin, aduk sampai meleleh

2. Campur terigu, tapioka, garam/ kaldu bubuk, aduk rata kemudian masukkan tumisan bawang merah selagi masih hangat, aduk kemudian masukkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni. Adonan harus pera/ agak mawur

3. Kepal-kepal adonan supaya menyatu dan mudah saat dicetak

4. Pipihkan adonan setebal 1,5 mm, panjang 10 cm atau sesuai selera

5. Kelompokkan segenggam-segenggam supaya mudah diambil untuk digoreng

6. Goreng dengan api sedang dan minyak banyak yang benar-benar panas supaya hasilnya menggelembung.

Abrakadabra!! Kue Bawang Simpel Nan Renyah telah siap dinikmati bersama keluarga. Membuatnya semudah menjentikkan jari kan Bunda?.  Supaya kue bawang awet renyah, pastikan minyak betul-betul tiris, dan simpan kue bawang saat sudah dingin ke dalam toples kedap udara dan tutup rapat.

Oya, kue bawang ini akan terasa semakin renyah dan lebih enak jika digoreng dengan menggunakan minyak yang masih baru. Jadi, jika Bunda mencoba membuatnya, pastikan untuk menggunakan minyak goreng yang baru ya Bunda, jangan minyak jelantah apalagi bekas untuk menggoreng ikan asin.. . Selamat mencoba, semoga berhasil!

Sumber

0 Response to "Kue Bawang Simpel Nan Renyah, Bikin Mulut Sulit Berhenti Mengunyah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel