Asam dan Pedasnya Asinan Mangga Muda, Sajikan Dingin! Bikin Mata Merem Melek

Aaah.. mangga lagi.. mangga lagi.. Sabaaar Bun! Ini karena buah mangga memang lagi naik pamornya, sehingga masih hangat diperbincangkan. Beberapa tahun terakhir buah mangga menjadi bahan kudapan yang tak hanya dijajakan a la street food, tapi juga masuk ke dalam menu di gerai-gerai di dalam mal, bahkan resto di perhotelan. Saat telah matang, mangga bisa diolah menjadi jus, es buah, puding maupun cake. Namun jika mangga masih muda atau mentah dan terasa asam, biasanya diolah menjadi rujak atau asinan.

Nah, kali ini kami akan mengajak Bunda untuk membuat Asinan Mangga Muda. Asinan mangga dibuat dari mangga yang masih muda dan diberi kuah air gula, sehingga akan menghasilkan rasa asam, manis dan pedas. Penasaran bagaimana cara membuatnya sendiri di rumah? Gampang banget lho Bunda cara membuatnya, yuk simak resep berikut!

Bahan-bahan

  • 2 buah Mangga muda
  • 10 buah Cabai merah
  • 1 bungkus kecil Terasi ABC
  • Secukupnya Garam
  • Secukupnya Gula merah
  • Secukupnya Air

Langkah Membuat

1. Siapkan bahan. Haluskan bumbu.

2. Masukkan bumbu dalam wadah yang berisi air secukupnya. Aduk lalu panaskan dalam kompor hingga mendidih.

3. Sambil nunggu air asinan mendidih. Kupas mangga lalu potong-potong.

4. Tunggu airnya dingin. Lalu masukkan dalam wadah berisi irisan mangga. Aduk-aduk. Masukkan dalam kulkas supaya bumbu meresap. Sajikan dingin lebih nikmat.

Yum.. yum.. yum.. hhhmmm.. aseeemm!! Membayangkannya saja sudah sukses membuat air liur kita menetes ya Bunda! Yuk buruan bikin! Oya, jika Bunda ingin membuat asinan buah versi kota Bogor yang lebih terasa rasa asamnya, Bunda bisa tambahkan perasan jeruk nipis atau cuka. Dan untuk rasa asam yang lebih pekat, Bunda bisa gunakan air larutan Asam Jawa. Makin nampol abiiisss!!!

Selamat mencoba Bunda! Hati-hati untuk Bunda atau keluarga yang memiliki masalah dengan pencernaan ya.. sebaiknya jangan mengonsumsi saat perut masih kosong.

Sumber

0 Response to "Asam dan Pedasnya Asinan Mangga Muda, Sajikan Dingin! Bikin Mata Merem Melek"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel