Sambal Matah Asli Bali, Pedes Segarnya Bikin Nangis!

Masyarakat Indonesia memang tidak bisa dipisahkan dengan makanan pendamping yang namanya sambal. Setiap sajian di meja makan, selalu saja ada sambal yang menemani. Saking kayanya Nusantara kita ini akan perbendaharaan varian sambal - jika kita mau - setiap makan berganti varian sambal pun bisa. Tapi terkadang varian sambal pun harus disesuaikan dengan lauk utamanya ya Bun, karena jika tidak sesuai alih alih menambah lezat citarasa hidangan utama, malah akan merusak kelezatannya. Jadi kita juga harus jeli ya Bunda dalam memadupadankan menu hidangan di meja makan.

Sambal Matah, adalah sambal khas Bali yang cukup populer, bahkan sampai menjadi ikon sambal khas daerah. Matah sendiri berarti mentah, karena sambal ini memang tidak melalui proses dimasak atau ditumis terlebih dahulu. Semua bahan diiris tipis, kemudian diguyur dengan minyak yang telah dipanaskan. Aduk hingga rata. Pengadukan ini akan menghasilkan sambal matah yang lebih lezat jika langsung menggunakan tangan sambil sedikit diremas-remas hingga semua bahan tercampur rata. Tips, gunakan sarung tangan plastik saat meremas-remas, supaya tangan tidak panas ya Bunda. Nah sudah siap membuat Sambal Matah Asli Bali? Simak resepnya berikut, Bunda!

Bahan-bahan

Untuk satu kali penyajian, siapkan bahan-bahannya sebagai berikut:

  • 5 siung bawang merah
  • 3 buah cabe merah
  • 10 buah cabe setan
  • 5 batang serai
  • 3 lembar daun jeruk
  • Terasi
  • Garam
  • Minyak sayur

Langkah Membuat

Setelah semua bahan telah siap di meja dapur, kita lanjutkan cara membuatnya;

1. Potong kecil-kecil bawang merah, cabe, serai diambil putihnya saja, daun jeruk diambil ujungnya saja

2. Bakar terasi

3. Campurkan potongan tadi dengan terasi bakar, minyak sayur yang telah dipanaskan, garam, lalu aduk-aduk hingga tercampur

Mudah, praktis, ngga pake lama.. resep Sambal Matah Asli Bali di atas layak untuk dicoba. Padu padankan dengan hidangan utamanya seperti ayam betutu Bali, ayam goreng, ikan kembung goreng, bahkan yang sedang hits adalah ayam goreng tepung geprek sambal matah. Yum..yum..yuuum.. gurih ayam goreng berpadu dengan sambal pedas, segar dan aromatik ini.. mantaaap! Lupakan diet sejenak tidak ada salahnya kan, Bun?!

Oya, sambal Matah ini sebaiknya langsung habis saat setelah disajikan ya Bunda, karena tidak melalui proses pemasakan, sambal Matah tidak dapat bertahan lama untuk disimpan.

Selamat mencoba!

Sumber

0 Response to "Sambal Matah Asli Bali, Pedes Segarnya Bikin Nangis!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel