Resep Cilor Tusuk, Jajanan Kekinian Anak Jaman Now

Cilor, jajanan khas Bandung ini memang tidak seterkenal siomay atau batagor. Tapi rasanya yang enak, kenyal, gurih membuat olahan berbahan tepung aci (kanji, tapioka) yang dibalut dengan telur ini banyak penggemarnya, terutama anak-anak. Makanya tidak heran kalau abang-abang penjual cilor banyak berjualan di depan sekolah terutama sekolahan SD. Dalam menyajikannya, cilor biasanya ditusuk seperti sate.

Nah.. apakah si kecil sering membeli jajanan ini di abang-abang penjual cilor? Kenapa tidak kita buatkan sendiri saja Bunda, pastinya akan terjamin kebersihan dan kesehatannya lho, Bunda. Yuk, Bunda cobain deh Resep Cilor Tusuk dari kami. Begitu coba, anak-anak pasti ketagihan minta dibuatkan lagi oleh Bunda.

Sebelum membuat cilor, sebaiknya siapkan semua bahan dan alat-alatnya ya Bun, supaya tidak ada bahan yang terlupa. Berikut resepnya, ya Bun:

Bahan-bahan

  • 200 gram tepung tapioka
  • 100 gram tepung terigu
  • 200 ml air hangat / secukupnya
  • Secukupnya garam dan merica bubuk
  • Secukupnya Tusuk sate

Bahan lapisan telur :

  • 2 butir telur
  • secukupnya Garam dan Merica

Bahan pelengkap :

  • Secukupnya saus kacang

Cara Membuat

1. Campur tepung terigu, tepung tapioka/aci, merica dan garam. Aduk rata dengan menggunakan whisk.

2. Tuang air hangat sedikit demi sedikit hingga adonan kalis dan tidak menempel ditangan

3. Ambil 1 sdt adonan lalu bulatkan dengan bantuan tangan hingga permukaan bulat rata.

4. Didihkan air. Beri sedikit garam dan minyak. Penambahan minyak bertujuan agar saat adonan matang, bulatan aci tidak menempel satu dengan lainnya. Rebus bulatan aci hingga mengapung. Angkat dan tiriskan bulatan aci.

5. Tusuk bulatan aci dengan tusukan sate.

6. Goreng ke dalam minyak panas hingga cilok agak berkulit. Balik cilok agar matang merata.

7. Kocok lepas 2 butir telur beri sedikit garam dan merica. Celupkan cilok yg sudah digoreng ke dalam kocokan telur. Goreng kembali hingga telur kecoklatan dan matang.

8. Angkat dan tiriskan. Bagian kulit luar telur akan crispy dan membentuk serabut.

Bagaimana Bunda, mudah kan membuat Cilor Tusuk sendiri di rumah. Anak-anak pun pasti suka. Sajikan bersama sambal saos kacang, atau lezat juga menggunakan sambal rujak.

Tips supaya cilor terasa lebih gurih, tambahkan bawang putih yang dihaluskan, dan ganti air dengan air kaldu hasil rebusan daging ayam atau sapi. Selain itu, Bunda juga bisa menambahkan 1 sendok makan ebi yang dihaluskan untuk takaran resep diatas. Maka Bunda akan mendapatkan cilor yang nampol gurihnya.

Sumber

0 Response to "Resep Cilor Tusuk, Jajanan Kekinian Anak Jaman Now"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel