Nikmati Hangatnya Resep Sup Jagung Ayam Saat Cuaca Dingin

Saat udara dingin, rasanya sungguh nikmat apabila kita menyantap makanan ataupun minuman yang hangat. Namun kalau perut kita yang terasa lapar, tentu makanan hangat yang mengenyangkan adalah jawabannya. Bagaimana kalau kita mencoba membuat Sup Jagung Ayam, yuk Bun? Wiih, rasanya sudah tidak sabar ya Bun, menikmati semangkok sup jagung ayam yang hangat dan lezat.

Jagung merupakan bahan makanan yang lezat serta bisa diolah menjadi makanan apa saja, mulai dari pelengkap untuk sayur asam, cemilan berondong jagung (popcorn), jagung rebus, jagung bakar, dan tentu saja sup jagung. Tidak hanya hangat dan lembut, butiran jagung tetap memberikan sensasi renyah yang segar. Untuk menambah cita rasanya, kita bisa menambahkan telur, ayam dan kaldu ayam yang gurih.

Bahan-bahan yang diperlukan sebagai berikut, ya Bunda:

  • 1 buah jagung ukuran besar
  • 100 gr dada ayam
  • 1 butir telur ayam
  • 1 buah bawang bombay ukuran kecil
  • 1000 ml air (200 ml air kaldu rebusan ayam+air)
  • 50 gr tepung maizena, larutkan dengan 100 ml air
  • 30 gr margarine
  • Secukupnya garam, gula, lada bubuk dan kaldu bubuk jamur

Kita Lanjutkan Dengan Bagaimana Cara Membuatnya.

1. Kupas kulit jagung, bersihkan rambut-rambutnya, lalu cuci bersih. Pipil atau serut biji jagung, sisihkan.

2. Rebus ayam sampai matang, suwir, sisihkan. Ambil air kaldunya sebanyak 200 ml.

3. Potong dadu bawang bombay, dan kocok lepas telur ayam, sisihkan.

4. Lelehkan margarine, tumis bawang bombay sampai harum dan sisi-sisinya berkaramel. Lalu masukan 200 ml air kaldu ayam dan 800 ml air aduk rata. Biarkan mendidih. Setelah mendidih, masukan jagung pipil dan ayam suwir, aduk rata lagi. Masak beberapa saat.

5. Setelah mendidih beri garam, gula, merica dan kaldu bubuk jamur, aduk rata. Kemudian masukan kocokan telur ayam sambil diaduk cepat (penampakan telur jadi seperti serabut). Terakhir masukan larutan maizena, aduk rata. Masak terus sampai sup mengental dan matang. Koreksi rasa. Angkat.

Voila!! Sup Jagung Ayam sudah siap disajikan sebagai teman melewati udara yang dingin. Jika Bunda dan keluarga menghendaki sup jagung ayam yang pedas, maka cukup lengkapi dengan sambal kecap, makin sempurna lezatnya. Hangatnya Sup Jagung Ayam bikinan Bunda akan menghangatkan suasana di rumah bersama keluarga tercinta. Salam hangat kami untuk keluarga di rumah, Bunda!

Sumber

0 Response to "Nikmati Hangatnya Resep Sup Jagung Ayam Saat Cuaca Dingin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel