Bunda Wajib Tahu! 7 Cara Ungkep Ayam, Supaya Bumbu Meresap Sempurna

Apakah Bunda sering memasak olahan ayam ungkep? Yap, daging ayam yang dibumbu ungkep memang sangat lezat untuk disantap. Digoreng dan temani dengan sambal bawang, sambal terasi atau sambal tomat… hhmmm.. uwenaak! Ayam ungkep pun bisa disimpan di dalam kulkas atau freezer sebagai stok, sehingga sewaktu-waktu Bunda bisa menyajikannya di meja makan tanpa perlu repot berlama-lama di dapur.

Memang kunci kelezatan ayam goreng itu terletak pada bumbu dan bagaimana proses mengungkepnya ya Bunda. Namun, apakah Bunda tahu, bahwa membuat ayam bumbu ungkep itu ada tips dan trik yang harus diperhatikan supaya mendapatkan rasa kelezatan yang sempurna lho! Apa saja itu, yuk simak 7 Cara Ungkep Ayam, Supaya Bumbu Meresap Sempurna berikut ini;

  1. Potong-potong ayam, supaya bumbu cepat meresap

Jika ayam utuh langsung diungkep, bumbunya akan sulit meresap hingga ke bagian dalam. Dan mengungkep ayam dalam keadaan utuh, akan membutuhkan waktu mengungkep yang lebih lama.

  1. Haluskan bumbu ungkep, agar lebih mudah terserap hingga serat terdalam

Kalau ayamnya sedikit, Bunda bisa mengulek bumbunya. Bumbu ulek banyak disukai karena dipercaya memberi rasa dan aroma khas pada makanan.

Bunda juga bisa haluskan dengan chopper, maka bumbu yang ikut tergoreng akan menambah sensasi renyah rempah yang menempel pada daging ayam. Tentu hasil ini tidak bisa didapat jika Bunda menggunakan blender, karena bumbu akan menjadi sangat halus.

  1. Gunakan teknik slow cooking atau masak dengan api kecil

Teknik slow cooking memang memakan waktu lama, tapi ini bisa membuat bumbu ayam meresap dan matang sempurna. Dengan menggunakan api besar hanya akan membuat bumbu tak merasuk sempurna sampai ke dalam dan daging bagian dalam pun belum matang.

  1. Perhatikan jumlah air supaya bumbu tidak terasa hambar

Penggunaan air tergantung seberapa banyak dan jenis ayam yang akan diungkep. Untuk ayam kampung, gunakan air lebih banyak dibanding ayam negeri. Sebab, ayam kampung butuh waktu lebih lama untuk menjadi empuk karena dagingnya yang lebih ‘alot’, dibandingkan ayam negeri.

  1. Sebaiknya masak dulu bumbu dengan air sebelum memasukkan ayam

Biasanya saat direbus, aroma bumbu pun sudah bisa membangkitkan selera. Saat merebus air dan bumbu, Bunda bisa gunakan api besar. Tapi, jika ayam sudah dimasukkan, lanjutkan memasak dengan api kecil

  1. Tutup panci selama proses mengungkep

Menutup panci akan membuat uap air tidak cepat hilang menguap saat dimasak. Nah, dengan ini bumbu pun tidak akan hilang bersama udara. Selain itu, menutup panci juga akan membuat daging lebih cepat empuk karena suhu di dalam panci stabil dan lebih cepat panas.

  1. Cek selalu durasi pengungkepan supaya daging ayam tidak terlalu mentah atau terlalu matang

Idealnya, mengungkep ayam membutuhkan waktu 30-45 menit. Jika sudah matang, Bunda bisa melihatnya dari kulit ayam yang mengerut atau bisa juga dilihat dari kuah yang mulai mengental atau bahkan mengering.

Oke Bunda, itulah 7 Cara Ungkep Ayam Supaya Bumbu Meresap Sempurna yang bisa Bunda coba praktekan di rumah. Oya, agar semakin sempurna kelezatan menyantap ayam bumbu ungkep, gunakan ayam kampung.

Selamat mencoba! Jangan lupa share tips dan trik cara mengungkep ayam ini kepada teman, sahabat dan kerabat. Semoga bermanfaat!

Sumber

0 Response to "Bunda Wajib Tahu! 7 Cara Ungkep Ayam, Supaya Bumbu Meresap Sempurna"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel