Bolu Tiramisu Kukus, Lembut Ngga Pake Seret

Siapa sih yang tidak kenal dengan dessert asal Italia, Tiramisu (baca = tih-ruh-mee-Soo) yang dalam bahasa Inggris berarti pick me up atau carry me up. Dessert yang satu ini mungkin sudah umum sekali dijumpai di restoran, cafe, kedai kopi atau bakery. Rasanya yang manis dan sedikit pahit sering jadi alasan kenapa kue ini enak dan cenderung tidak bikin eneg saat disantap. Apalagi buat mereka para pecinta kopi. Di resep versi klasiknya, Tiramisu diolah tidak dengan dipanggang maupun dikukus.

Di Indonesia, tiramisu merupakan salah satu dessert yang populer. Tiramisu menjadi sumber inspirasi para ahli kuliner untuk membuat kreasi baru dari penganan khas Italia ini. Akhirnya, kini terciptalah tiramisu kukus, seperti halnya brownies kukus, menjadi salah satu penganan trendi dan disukai banyak orang. Walaupun bahan dan cara pembuatan tiramisu kukus agak berbeda dengan tiramisu klasik, namun cita rasa tiramisu kreasi baru ini tetap memiliki cita rasa khas tiramisu klasik.

Karena pengolahannya dengan cara dikukus, maka kita bisa menyebutnya Bolu Tiramisu Kukus. Bolu ini tidak hanya cocok disajikan sebagai dessert atau cemilan setelah makan nasi, namun juga bisa menjadi selingan makan sore sambil minum kopi atau teh sebelum tiba saatnya makan malam.

Bolu Tiramisu Kukus yang lezat memang favorit banyak orang, mungkin Bunda dan keluarga juga termasuk. Tergoda membuat sendiri di rumah? Ini resepnya.

Bahan-bahan

Bahan A :

  • 4 butir telur ayam
  • 200 g gula pasir
  • 1 sdt sp

Bahan B :

  • 200 g tepung terigu
  • 1 sdt baking powder
  • Aduk rata dan ayak

Bahan C :

  • 100 ml santan
  • 100 ml minyak goreng

Bahan D :

  • 1 sachet kopi instan
  • 5 sdm coklat bubuk

Cara Membuat

1. Panaskan kukusan. Alasi tutup dengan kain bersih. Oles loyang dengan margarin.

2. Mixer dengan kecepatan tinggi bahan A sampai mengembang, putih dan berjejak.

3. Kurangi kecepatan. Masukkan bahan B, mixer dengan speed rendah, cukup sampai rata.

4. Masukkan bahan C, aduk balik perlahan dengan spatula.

5. Bagi jadi 3 adonan. Adonan putih, adonan yang diberi coklat bubuk, dan adonan yang diberi kopi instan. Gunakan loyang ukuran diameter 18 cm dan tinggi 7 cm

6. Kukus adonan per layer selama 10 menit, saat adonan terakhir masuk. Kukus selama 20 menit.

7. Segera keluarkan loyang dari kukusan, biarkan hingga dingin, baru keluarkan Tiramisu Kukus dari loyang.

8. Tiramisu kukus siap di hidangkan.

Supaya menghasilkan Bolu Tiramisu Kukus yang tidak hanya lezat namun juga cantik, berikut tips yang jangan sampai diabaikan;

Tips.

  • Pastikan kukusan diisi dengan air yang cukup, benar-benar panas, dan beruap banyak. Tetapi ketika memasukkan adonan, kecilkan api hingga ukuran sedang.
  • Pastikan layer pertama sudah benar-benar matang, jadi ketika dituang layer kedua, tidak akan ambles/ bergelombang/ berlubang.
  • Ketika menuang layer kedua, jangan keluarkan loyang dari kukusan, tuang langsung di dalam kukusan.
  • Setiap selesai menuang adonan, ratakan permukaannya, supaya tidak bergelombang.

Bagaimana Bunda, tertarik dan sudah siap membuat Bolu Tiramisu Kukus yang manis, lembut membelai lidah ini? Oya, jika Bunda sedang mencari ide untuk kue ulang tahun, bolu ini juga bisa digunakan lho, Bunda. Untuk mempercantiknya, Bunda bisa tambahkan parutan keju di atasnya sebagai garnish dan lilin, kue ulang tahun yang cantik dan lezat telah siap.

Sumber

0 Response to "Bolu Tiramisu Kukus, Lembut Ngga Pake Seret"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel