Intip Mudahnya Resep Singkong Manis Ala Thailand (Sweet Cassava) Kualitas Koki Hotel di Sini


Pernah mendengar atau mencicipi singkong manis Thailand? Bagi pencinta kudapan legit dan gurih, tentu sudah sangat mengenal dessert mewah berbahan dasar singkong ini. Mengapa mewah? Karena kudapan ini lebih sering diperjualbelikan di tempat-tempat yang menyasar masyarakat tingkat ekonomi menengah ke atas seperti hotel, restoran, kafe, dan mal.

Daripada menghabiskan banyak uang hanya untuk membeli satu porsi kecil singkong Thailand, lebih baik kamu mencoba membuat kudapan ini sendiri di rumah. Bahan dan proses pembuatannya pun mudah. Kamu bisa membuat kudapan ini sama berkualitasnya dengan buatan seorang koki hotel. Yuk, simak resep singkong manis ala Thailand berikut ini.

Persiapan Bahan

Persiapkanlah bahan-bahan dengan lengkap sebelum memulai proses pengolahan. Untuk menghindari lupa memasukkan suatu bahan, ada baiknya seluruh bahan diletakkan di atas satu meja secara bersamaan.

Berikut bahan-bahannya:

  • 500 gr singkong kualitas bagus (biasanya ditandai dengan warna kulit singkong yang masih terlihat segar dan berwarna merah muda);
  • 300 cc air (disesuaikan dengan tingkat kekentalan vla nantinya);
  • 100 gr gula pasir;
  • 200 cc santan kental;
  • ½ sdt garam;
  • 1 sdm tepung maizena (larutkan dengan sedikit air); dan
  • 2 ikat daun pandan.

Cara Mengolah Singkong Thailand

Berikut cara pengolahan singkong Thailand:

1. Mulailah dengan membersihkan dan memotong-motong singkong sesuai selera. Jangan terlalu tebal karena akan memperlama perebusan.

2. Rebus singkong yang sudah dipotong-potong dengan menambahkan air, gula pasir, dan daun pandan. Rebus sampai keadaan singkong berubah menjadi sangat empuk dan air mulai mengental.

3. Tambahkan larutan maizena dan sedikit santan (ini dilakukan jika menginginkan singkong dengan vla yang kental nantinya).

4. Tahapan akhir untuk membuat vla. Campurkan santan, daun pandan, dan garam. Rebus sampai mendidih.

5. Kemudian tuangkan vla ke atas singkong Thailand yang sudah jadi tadi.

Amazing, resep singkong manis ala Thailand-mu berhasil.

Penyajian Singkong Thailand Versi Koki Hotel

Jika ingin terlihat seperti singkong Thailand sekelas koki hotel mewah. Kamu wajib menyajikan singkong Thailand buatanmu dengan tampilan yang menarik dan rapi.

Contohnya, kamu bisa menggunakan mangkuk keramik hitam untuk singkongnya dan jar transparan kecil untuk vla. Percantik tampilan singkong Thailand-mu dengan menambahkan daun pandan sebagai garnis di mangkuk. Sudah tidak diragukan lagi, pasti hasilnya sangat mirip dengan penyajian hotel.

Bagaimana? apakah resep singkong manis ala Thailand ini cukup membantumu? Jangan pernah takut untuk mencoba resep-resep baru jika kamu suka.

Sumber

0 Response to "Intip Mudahnya Resep Singkong Manis Ala Thailand (Sweet Cassava) Kualitas Koki Hotel di Sini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel