Hadiahi si Buah Hati dengan Sajian Olahan Resep Ayam Goreng Tepung Renyah

Siapa sih yang tidak menyukai sajian ayam tepung crispy, gurih renyahnya ayam berbalut tepung keriting yang dicocol saos tomat dan saos sambal, dinikmati bersama sepiring nasi putih atau kentang goreng, pasti anak-anak makan makin lahap. Tapi jika selalu membeli di restoran cepat saji, akan menguras kantong juga ya Bun? Kita masak sendiri di rumah yuk Bun dengan menggunakan Resep Ayam Goreng Tepung Renyah di bawah ini.

Untuk menghasilkan sendiri ayam goreng tepung yang enak, garing dan renyah di rumah memang gampang-gampang susah ya Bun. Tapi jangan khawatir, selain resep, kami juga akan menyertakan tips dan trik supaya hasil masakan Bunda tidak kalah enaknya dengan ayam goreng tepung a la restoran cepat saji.

Bahan-bahan

  • 1 ekor ayam
  • 1 sdm garlic powder
  • 1/2 sdt garam
  • Secukupnya kaldu bubuk dan garam
  • Secukupnya minyak untuk menggoreng
  • Bahan pelapis :
  • 10 sdm tepung terigu
  • 4 sdm tepung maizena
  • 1 sdm garlic powder
  • 1/2 sdt blackpepper bubuk
  • 1/2 sdt merica
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/2 sdt garam

 

Cara Membuat

1. Potong ayam sesuai selera. Cuci bersih. Remas dengan 1/2 sdt garam dan 1 sdm garlic powder.

2. Dalam piring terpisah campur tepung terigu, tepung maizena, garlic powder, garam, merica, black pepper dan kaldu bubuk. Lalu aduk rata.

3. Ambil 2 sdm campuran tepung pelapis. Cairkan dengan secukupnya air. Konsistensi cair dan tidak kental agar kulit tidak keras saat digoreng

4. Balurkan potongan ayam kedalam tepung yang sudah dicairkan.

5. Lalu masukkan ke dalam tepung pelapis. Remas sambil dicubit agar tepung terlihat keriting.

6. Masukkan kembali ke pelapis cair, lalu balur lagi dengan pelapis kering sambil dicubit-cubit agar lapisan keriting terbentuk.

7. Pastikan minyak dalam keadaan panas. Lalu Goreng ayam dalam sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan

Dan berikut merupakan tips dan trik membuat ayam goreng tepung dengan citarasa yang nikmat, yang diambil dari beberapa sumber:

  1. Goreng dalam jumlah sedikit

Semakin banyak jumlah ayam dalam sekali penggorengan, maka akan semakin sedikit ayam yang yang matang sempurna dan juga bakal memakan waktu lama.

  1. Suhu ayam

Saat digoreng, ayam tepung memiliki suhu ruangan. Alasannya, ayam tepung yang terlalu dingin dapat memengaruhi suhu minyak goreng. Selain itu, ayam yang terlalu dingin juga dapat membuat kulit ayam menjadi basah dan berminyak. 

  1. Minyak goreng

Ayam goreng tepung sebaiknya dimasak menggunakan minyak kanola, minyak kacang, atau minyak sayur

  1. Bumbu

Beberapa tambahan bumbu dapur pada adonan ayam goreng tepung bakal memberikan perubahan rasa. Tak ada salahnya menambahkan garam, lada dan cabai dengan takaran yang pas ke dalam adonan. 

  1. Ayam yang renyah

Untuk mendapatkan ayam yang lebih garing dan renyah lumuri ayam dengan adonan tepung sebanyak dua kali. Setelah memasukkan ayam pada adonan tepung yang pertama, diamkan ayam beberapa menit dan biarkan cairan menyerap. Setelah itu, masukkan ayam kembali kedalam adonan tepung lalu digoreng. Cara ini dapat membuat ayam goreng tepung lebih renyah.

Selamat mencoba, Bunda!

Sumber

0 Response to "Hadiahi si Buah Hati dengan Sajian Olahan Resep Ayam Goreng Tepung Renyah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel