Bagi Penggemar Jengkol, Merapat ke Resep Jengkol Balado Yuk, Bunda!

Balado oh balado…. Nikmat nian rasanya, tak pernah membosankan. Selalu saja nafsu makan tergoda saat mendengar, apalagi melihat masakan asal Padang ini disajikan. Apapun yang dibuat balado, akan selalu nikmat terasa. Apalagi kalau jengkol yang dijadikan tokoh utamanya. Para penggemar jengkol pasti tidak akan kuat menahan untuk segera mengambil piring dan nasi untuk menyantapnya. Cara pengolahan jengkol yang tepat akan membuat rasanya tidak kalah lezat dengan rasa daging.

Nah bunda yang sudah tidak tahan menyantap Jengkol Balado, atau dalam bahasa asalnya Sambalado Jariang, lebih baik memasak sendiri agar puas menikmatinya. Jangan khawatir kami berikan resepnya, Resep Jengkol Balado yang akan membuat Bunda sekeluarga puas menikmatinya. Bunda akan dapat menikmati rasa legit jengkol dipadu gurihnya ikan teri dan sambal balado yang pedas nikmat, seberapapun Bunda ingin.

Susahkah membuatnya? Bunda jangan khawatir, resepnya tidak susah kok! Semua langkahnya mudah, tinggal mengikuti resep yang ada, apalagi ditambah lagi dengan niat dipersembahkan bagi orang tercinta. Semua akan jadi sangat mudah dan menyenangkan. 

Bahan-bahan

  • 300 gr jengkol, potong-potong lalu rebus hingga empuk
  • 100 gr teri jengki, belah 2 lalu cuci bersih
  • Secukupnya gula pasir
  • Secukupnya minyak goreng
  • Bumbu ulek kasar :
    • 100 gr cabe merah keriting
    • 8 butir bawang merah
    • 1 sdt garam/secukupnya

Cara Membuat

1. Goreng jengkol dan teri dan siapkan bahan lainnya

2. Tumis bumbu ulek hingga harum dan cabainya matang

3. Tuang air, tambahkan gula pasir. Tumis lagi hingga berminyak dan cabai benar-benar tanak/matang dengan api cenderung kecil. Koreksi rasa lalu matikan api

4. Masukkan jengkol & teri, aduk rata. Angkat dan sajikan

Yaaaay…Sambalado Jariang alias Sambal Balado Jengkol nya sudah jadi lho, Bunda. Ternyata memasak Jengkol Balado nya tidak sulit kan? Oya, supaya rasa jengkol terasa nikmat tanpa aroma yang menyengat, ada triknya lho Bunda. Berikut trik mengolah jengkol sebelum diolah menjadi berbagai macam masakan:

  • Sebelum membeli, maka pilihlah jengkol yang sudah cukup tua. Jengkol tua memiliki aroma yang kuat, tapi saat dimasak maka teksturnya akan terasa legit, pulen dan empuk.
  • Untuk mengurangi aromanya yang menyengat, cuci bersih biji jengkol, kemudian belah masing-masing bijinya menjadi 2 kepingan. Untuk 250 gram jengkol, maka tambahkan 2 sendok makan kopi hitam, 3 atau 4 batang serai (memarkan), 5-6 lembar daun salam, 1 sendok makan garam, dan air secukupnya untuk merebus. Rebus selama kurang lebih 45 menit. Tiriskan. Memarkan.
  • Jengkol siap dimasak untuk berbagai macam olahan

Selamat mencoba di rumah ya Bunda!

Sumber

0 Response to "Bagi Penggemar Jengkol, Merapat ke Resep Jengkol Balado Yuk, Bunda!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel