Keripik Bayam Kesat Super Kriuk. Cocok Untuk Dijual


Pas husim hujan biasanya banyak sekali bayam tukulan alias bayam liar yang tumbuh sendiri di belakang rumah. Duannya yang lebar-lebar dan hijau sangan menggoda bun, hehe. Sayang banget kalau cima dibiarin dimakan ulat. Yuk mending kita petik dan dibikin kripik bayam.

Bikinnya cukup mudah dan hasilnya juga mantap... Yang pasti, keripik bayamnya kesat dan nggak berminyak, karena saya oven juga setelah digoreng. Cocok banget ini buat ide usaha rumahan kalau mau telaten bikinnya hehe..

Bahan-bahan:

  • 50 lembar daun bayam segar ukuran sedang, jika ukuran besar sekitar 30-40 lembar
  • 250 gr tepung beras
  • 50 gr tepung kanji Tapioka
  • 1 Butir putih telur atau bisa juga telur utuh, [dan telur ini sebenarnya bisa diskip, jika tidak menggunakan telur kurangi takaran airnya ya]
  • 1/2 sdt bubuk kunyit, bisa diganti 1 ruas kunyit segar [haluskan]
  • Minyak goreng untuk menggoreng
  • 1/2 sdt Bubuk kaldu
  • Secukupnya air, sekitar 250 ml sampai 300 ml, kekentalan sesuai selera, semakin kental semakin tebal lapisan tepungnya

Bumbu yang dihaluskan:4 siung bawang putih1/2 sdt ketumbar2 butir kemiri1 sdt garam kasar
Langkah

1. Cuci bersih daun bayam dan tiriskan.


2. Haluskan bawang putih, kemiri, ketumbar, dan garam.


3. Buat adonan tepung beras dan tepung kanji dengan air secukupnya. Tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk dan pastikan tekstur adonan itu kental sedikit alias agak encer. Untuk adonan kripik bayam jangan terlalu kental ya bund, nanti jadi kurang kriuk.


4. Panaskan minyak, setelah panas, kecilkan apinya. Celupkan daun bayam satu persatu. Goreng sampai kuning keemasan. Tanda bayam sudah matang biasanya minyaknya sudah tenang dan buih-buihnya hilang.



5. Setelah dingin, simpan keripik bayam di wadah tertutup. Atau jika mau renyah tahan lama dan lebih kesat teksturnya, silahkan dioven dengan panas sekitar 130 dercel selama 30-45 menit.


Sumber

0 Response to "Keripik Bayam Kesat Super Kriuk. Cocok Untuk Dijual"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel