Resep Lapis Sagu Bangka Enak. Kenyal Dan Lembut Di Mulut


Indonesia merupakan Negara yang punya banyak banget makanan khas loh Bunda, salah satunya ada kue lapis yang mungkin juga udah enggak asing lagi buat para Bunda nih. Kue ini biasanya ditemukan di pasar tradisional dan sering disebut jajanan pasar. Kalau dilihat dari rupanya, biasanya kada dua warna dan punya motif yang berlapis-lapis. Tapi karena perkembangan jaman dan banyak yang makin kreatif, jadi sekarang kue lapis juga ada yang berwarna banyak. Kue ini dibuat dari tepung kanji, tepung beras, gula pasir, santan, pewarna, dan juga garam. Banyak ragamnya dari kue lapis ini, salah satunya ada resep lapis sagu Bangka yang rasanya khas dan enak juga loh Bunda.

Kalau memang Bunda belum pernah mencoba lapis sagu Bangka maka bisa dicoba di rumah Bunda. Kue yang dimasak dengan cara dikukus ini memang sering menarik perhatian dan rasanya yang khas sering bikin ketagihan. Cocok juga kalau seandainya Bunda bikin resep lapis sagu Bangka untuk pertemuan acara keluarga di rumah. Bahka juga terasa pas disajikan ketika Bunda punya acara hajatan. Daripada harus membeli kue, mending bikin sendiri di rumah Bunda. Selain lebih irit, rasanya bisa disesuaikan dengan selera, bisa juga jadi lahan bisnis buat Bunda. Siapa tahu setelah banyak yang menikmati nanti ada yang mau pesan di Bunda.

Bahan-bahan yang digunakan juga bisa dibilang sederhan dan gampang dicari kok Bunda. Terus langkah bikinnya juga enggak ribet dan bisa dicoba kapan saja waktu Bunda luang. Berikut ini bahan dan langkah buat bikin resep lapis sagu Bangka sendiri di rumah yang bisa dicoba.

Bahan-bahan:

  • 1400 ml santan
  • 300 ml santan yg diblender dg daun pandan dan suji
  • Total santan yg dipakai 1700 ml dari perasan 2 btr kelapa
  • 500 gr sagu tani
  • 400-450 gr gula pasir
  • 1.5 sdm susu kental manis putih
  • Sejumput garam

Langkah Membuat:

1. Masak santan, garam dan gula pasir sampai gula larut. Sisihkan


2. Tuangkan santan yg telah dingin ke dalam sagu, aduk rata


3. Saring apabila adonan masih bergerindil. Tambahkan susu kental manis. Aduk rata.


4. Kukus adonan selapis2. Foto adonan mentah yg akan dikukus. Gunakan loyang diameter 20 cm yg telah diolesi minyak


5. Berikut foto lapisan yg sudah matang dan siap utk dilapis lg. Beda kan warna nya dg adonan mentah td. Warnanya lebih gelap setelah matang


6. Begini tampilan kue lapis nya sebelum dipotong


7. Note : tutup kukusan dilapisi serbet spy air tidak menetesi kue

Nah, itulah beberapa bahan sama langkah buat bikin resep lapis sagu Bangka sendiri di rumah yang bisa dicoba. Bisa diikuti dengan mudah kan Bunda? Takaran rasa sama porsi bisa disesuaikan dengan selera juga kebutuhan Bunda ya. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber

0 Response to "Resep Lapis Sagu Bangka Enak. Kenyal Dan Lembut Di Mulut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel