Berlangganan

Resep Putu Ayu Tanpa Santan Anti Gagal. Cantik-Cantik Enak Banget!



Jadi ibu rumah tangga, pekerjaan di dapur tentu sering di lakukan dong Bunda. Selain memasak, Bunda juga bisa membuat beberapa sajian kue. Banyak sekali jenis kue yang sering dibuat oleh para Bunda. Salah satunya adalah putu ayu yang belakangan ini banyak disukai dan cukup terkenal. Kue putu ayu ini bisa dibilang merupakan kue khas Indonesia yang dibuat dari bahan tepung terigu, santan, telur, dan juga beberapa bahan lainnya. Tapi, sekarang ini Bunda juga bisa mencoba resep putu ayu tanpa santan yang enak dan tanpa gagal loh Bunda.

Putu ayu tanpa menggunakan santan mungkin akan diragukan rasanya, tapi sebenarnya kita bisa mengganti santan dengan menggunakan air kelapa kok Bunda. Rasanya juga enggak kalah enak dan bau kelapanya yang khas akan bikin putu ayu ini makin disukai. Nah, suguhan putu ayu ini bisa disajikan untuk pertemuan keluarga atau bahkan untuk hajatan di rumah Bunda. Pasti keluarga sama tamu undangan suka dengan putu ayu buatan Bunda. Daripada harus beli, membuat resep putu ayu tanpa santan sendiri di rumah jauh lebih irit dan rasanya juga bisa disesuaikan dengan keinginan Bunda loh. Kalau banyak yang suka, lumayan untuk peluang usaha di rumah Bunda.

Bikin putu ayu bahan-bahannya juga sederhana dan gampang ditemukan di sekitar kita kok Bunda. Langkah bikinnya enggak butuh waktu lama, jadi bisa dibuat kapan saja ketika Bunda luang. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep putu ayu tanpa santan yang bisa di coba di rumah sama Bunda.

Bahan-bahan:

  • 3 bh telur
  • 200 gr gula pasir
  • 250 gr tepung terigu
  • 1 sdt SP
  • secukupnya Vanili
  • 220 ml air kelapa tua (200 ml air kelapa + 20 ml endapan pandan)
  • secukupnya Pasta pandan
  • 1 bh kelapa setengah tua, parut dikukus + sedikit garam

Langkah Membuat:

1. Kocok gula, telur sampai mengembang.

2. Lalu masukkan, vanili, SP (kocok 5 menit lg)

3. Masukkan terigu dan air kelapa, aduk dg spatula. Tambahkan pasta pandan, aduk rata


4. Cetakan putu ayu di oles dengan minyak. Tata kelapa parut di dasar cetakan, agak dipadatkan spy hasilnya cantik ga awur2an kelapa nya


5. Tuang adonan diatas kelapa sampai penuh


6. Kukus dalam kukusan yg telah dipanaskan selama 20 mnt sampai matang


7. Keluarkan putu ayu dr cetakan. Sajikan


8. Susun di dalam plastik mika buat kasih teman. Kayak beli ya

Nah, itulah beberapa bahan sama langkah yang bisa diikuti buat bikin resep putu ayu tanpa santan sendiri di rumah. Cukup mudah kan Bunda? Untuk porsi dan rasa, sesuaikan takaran bahan dengan kebutuhan dan selera Bunda ya, dari bahannya bisa ditambah atau dikurangi. Selamat mencoba Bunda, semoga bermafaat dan terima kasih.

Sumber