Berlangganan

Resep Tiam Mie Khas Pontianak. Ternyata Rasanya Enak Banget 👌



Sekalipun bukan makanan khas dari Indonesia, beberapa macam makanan yang ada di Indonesia sering sekali menggunakan bahan mie. Ada beberapa jenis mie, salah satunya ada mie non instan yang bisa dimasak dengan menggunakan beberapa olahan bumbu yang dibuat sendiri.

Mie non instan ini jadi salah satu bahan buat bikin resep tiam mie Pontianak yang udah khas dan enak loh Bunda. Sebenarnya enggak cuma di Pontianak sih, tiam mie ini juga ada dibeberapa daerah seperti Medan, dan lainnya. rasanya yang enak dan khas bikin banyak yang suka sama resep tiam mie ini.

Tiam mie atau mie manis ini sebenarnya bikinnya simpel loh Bunda, tapi rasanya memang enak dan khas. Dibuat dari beberapa bumbu seperti merica, garam, cabe, kecap, dan beberapa bahan lainnya. Bisa dipadukan dengan menggunakan beberapa bahan sayuran seperti sawi, ataupun kol. Nah, Bunda bisa coba bikin resep tiam mie Pontianak sendiri di rumah untuk sajian makan keluarga di rumah. Dimakan dengan menggunakan nasi ataupun hanya mie nya saja tetap enak loh. Selain digunakan untuk suguhan keluarga di rumah, tiam mie ini juga bisa jadi salah satu menu pelengkap ketika Bunda punya hajatan loh. Pasti banyak yang suka dengan masakan Bunda.

Untuk bahan-bahan yang digunakan buat bikin tiam mie khas Pontianak ini sebenarnya sederhana dan gampang dicari di sekitar kita kok Bunda. Langkah bikinnya juga enggak ribet cukup simpel kok. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep tiam mie Pontianak sendiri di rumah yang bisa Bunda coba.

Bahan-bahan:

  • 2 bungkus mie kuning *saya pakai mie ayam 2 telor
  • 2 ikat kucai,bersihkan&potong"
  • 1 buah wortel,potong seukuran korek api
  • 3 butir telur,kocok lepas dengan sejumput garam
  • 6 siung bawang putih,geprek&cincang
  • Secukupnya garam,kaldu jamur&merica bubuk
  • Secukupnya minyak goreng
  • Secukupnya kecap manis
  • Secukupnya air matang

Langkah Membuat:

1. Seduh mie hingga lunak tiriskan


2. Panaskan minyak goreng tumis bawang putih hingga harum&kuning sisihkan di pinggir wajan kemudian masukan kocokan telur buat orak arik


3. Tambahkan mie,potongan wortel,garam,kaldu jamur,merica bubuk&kecap manis aduk sampai tercampur rata


4. Kemudian beri air matang secukupnya agar mie nyemek masukan kucai aduk


5. Bila kucai layu tes rasa matikan api


6. Salin tiam mie/mie goreng manis khas pontianak ke piring&sajikan


Nah, itulah bahan sama langkah buat bikin resep tiam mie Pontianak sendiri di rumah yang bisa dicoba. Enaknya nggak ada duanya. Udah gitu, sederhana dan cukup mudah kan Bunda? Untuk takaran rasa dan takaran porsi, bisa disesuaikan dengan kebutuhan Bunda ya, dari bahan yang ada bisa dikurangi ataupun ditambah. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber