Berlangganan

Resep Terong Pedas Kuah Sarden. Enak dan Nggak Hancur



Indonesia memang salah satu Negara yang punya banyak sekali makanan tradisionalnya, tapi enggak menutup kemungkinan kalau makanan yang instan juga sering dibutuhkan para Bunda untuk menu makanan mereka. Misalnya saja sarden kaleng yang udah dari dulu jadi favorit para Bunda untuk kasih menu terbaik bagi keluarga.

Nah, sebenarnya Bunda bisa menyajikan sarden kaleng ini dengan agak berbeda loh. Jadi Bunda bisa coba resep terong pedas kuah sarden kaleng yang pasti bikin keluarga di rumah makin betah deh makannya. Selain enak rasanya juga gampang kok Bunda bikinnya.

Kalau Bunda cuma menyajikan sarden kaleng saja buat keluarga rasanya kurang mantap nih Bunda, soalnya memang udah umum banget rasanya. Tapi Bunda bisa kreasikan dengan cara dikasih beberapa bahan tambahan seperti terong ataupun beberapa bahan lainnya. Menu sajian terong pedas kuah sarden ini cocok loh buat sajian menu makan keluarga sehari-hari. Enggak cuma itu,kalau Bunda enggak mau ribet bisa juga masakan ini jadi salah satu menu ketika keluarga besar kumpul di rumah waktu lebaran atau momen lainnya. Pasti banyak yang suka resep terong pedas kuah sarden kaleng soalnya selain unik rasanya juga enak loh. Apalagi kalau keluarga di rumah pada suka makanan yang pedas, jelas makin mantap nih Bunda.

Bahan-bahan yang digunakan buat biki terong pedas kuah sarden ini benar-benar gampang dicari di sektiar kita kok Bunda. Enggak cuma itu langkah bikinnya juga sederhana dan enggak makan banyak waktu kok, jadi enggak bikin capek. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep terong pedas kuah sarden kaleng sendiri di rumah yang bisa Bunda coba.

Bahan-bahan:

  • 2 buah terong (aku pakai terong ungu yg bulat gede)
  • 1 buah kentang (potong dadu lalu goreng)
  • 1 buah tomat (belah jadi 6)
  • 2 kaleng sarden (1 kalengnya berat155 gram)
  • 10 cabe hijau pedas/ bisa pakai rawit (sesuaikan selera)
  • 6 butir bawang putih (iris tipis)
  • 5 butir bawang merah (iris tipis)
  • 40 ml air / seperempat gelas
  • 1/2 sdt garam (sesuaikan selera)
  • secukupnya Penyedap

Langkah Membuat:

1. Potong sesuaikan selera kentang dan terong lalu goreng masing masing hingga matang, angkat tiriskan


2. Saya pakai sarden ini, bisa pakai apa aja, karena rasanya cenderung sama


3. Dalam wajan bekas menggoreng tadi, sisakan 3 sdm minyak, tumis bawang merah hingga layu, baru masukkan cabe dan bawang putih, tumis lgi hingga harum dan layu


4. Masukkan potongan tomat dan kentang gorengnya, aduk rata, tumis hingga tomat layu


5. Masukkan terong dan sarden kalengnya, aduk pelan saja agar ikan sarden tidak hancur.


6. Masukkan air+garam+penyedap jika suka bisa ditambahkan dgn gula pasir, test rasanya, biarkan masak dgn api sedang hingga kuah sedikit terserap ke terong.


7. Done.. !! Sajikan dgn nasi putih hangat


Nah, itulah beberapa bahan sama langkah buat bikin resep terong pedas kuah sarden kaleng sendiri di rumah yang bisa Bunda coba. Sederhana dan gampang kan Bunda? Takaran rasa dan porsi bisa disesuaikn dengan kebutuhan Bunda di rumah ya. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber