Berlangganan

Resep Tape Singkong Goreng Selimut. Rasanya Yummy, Nagih Banget!



Bunda udah faham dong sama makanan tape singkong? Makanan ini dibuat dari bahan singkong yang difermentasikan. Cukup populer kok di Indonesia, mungkin tiap daerah beda namanya. Untuk tape singkongnya bisa jadi makanan yang sering ditemukan di daerah Jawa.

Tape singkong ini enggak cuma enak dimakan langsung, tapi juga bisa jadi bahan masakan yang jauh lebih enak. Misalnya saja Bunda bisa coba bikin resep tape singkong goreng selimut. Kalau biasanya Bunda udah sering lihat tape singkong dibaluri dengan tepung terigu dan digoreng biasa seperti membuat pisang goreng, kali ini berbeda soalnya bentuk dan rasanya jauh lebih enak loh Bunda.

Tape singkong goreng selimut ini sekilas kalau dilihat kayak risoles gitu, soalnya bahan yang dibuat bikin selimut dari tape singkong ini roti tawar. Menu masakan ini cocok kok jadi santanpan sore hari ketika kumpul dengan keluarga, terus disajikan dengan teh hangat. Atau bisa juga disajikan dengan teman arisan ketika ada acara di rumah, pasti banyak yang suka karena rasanya yang enak dan unik. Selain pakai roti tawar, bikin resep tape singkong goreng selimut juga ditambah sama keju jadi rasanya makin spesial nih. Kalau bikin sendiri di rumah pasti lebih irit dan seleranya juga bisa disesuaikan Bunda.

Bahan-bahan yang dipakai buat bikin tape singkong goreng selimut ini gampang didapatkan kok, jadi enggak ribet. Terus langkah membuatnya juga cukup simpel dan enggak makan banyak waktu. Berikut ini ada bahan sama langkah buat bikin resep tape singkong goreng selimut sendiri di rumah yang bisa Bunda coba.

Bahan-bahan:

Bahan tape singkong:

  • 1 kg singkong, kupas
  • 2 sdt ragi tape
  • Secukupnya daun pisang

Bahan tape goreng selimut:

  • 10 lembar roti tawar
  • 200 gram tape singkong, haluskan
  • 2 sdm gula pasir
  • 50 gram keju cheddar, parut
  • Secukupnya meises

Bahan pencelup:

  • 1 butir telur
  • 5 sdm susu cair
  • Bahan taburan:
  • 3 sdm gula kastor
  • 1-2 sdt bubuk kayu manis

Langkah Membuat:

1. Buat tapenya dulu. Kukus singkong sampai matang (jangan terlalu empuk) dinginkan, beri ragi tape sampai rata, simpan di wadah tertutup yang telah dialasi daun pisang tutup Kembali simpan selama 3-4 (tergantung suhu di daerah masing2). Setelah jadi tape, Siap diolah jadi berbagai ragam masakan


2. Siapkan wadah masukkan tape haluskan lalu masukkan gula pasir, aduk rata


3. Potong pinggir roti tawar, gilas dengan rolling pin


4. Beri secukupnya tape singkong, meisis dan keju parut, gulung


5. Bahan celupan: kocok telur bersama susu cair lalu celup kan roti tawar berisi tape tadi ke dalamnya.


6. Panaskan butter, panggang sampai berwarna kocoklatan, bolak balik ya


7. Bahan taburan: Campur gula kastor dengan bubuk kayu manis aduk rata. Guling2kan roti tawar isi tape kedalam nya


8. Perpaduan tape singkong, keju, meisis dan harumnya kayu manis bubuk hmmm yummy.


Nah, itulah bahan sama langkah buat bikin resep tape singkong goreng selimut sendiri di rumah. Cukup sederhana kan Bunda? Tapi rasanya pasti bikin ketagihan deh. Soal rasa sama porsi disesuaikan sama selera juga kebutuhan Bunda ya. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber