Berlangganan

Resep Tahu Aci Khas Slawi Tegal Gurih Renyah Banyak Yang Suka!



Bunda udah pernah dengar tentang makanan khas dari Tegal tahu aci? Makanan ini memang terbuat dari bahan tahu tapi punya rasa yang gurih dan renyah loh Bunda. Biasanya tahu aci ini dibuat dari tahu kuning dan bentuknya tetap persegi empat dan dibelah jadi dua kayak segitiga.

Bagian sampingnya nanti diberi isian tepuang kanji. Kenapa dikasih nama tahu aci? Soalnya ada isian tepung kanji yang bahasa lainnya punya nama aci. Makanan ini terkenal banget loh Bunda, bahkan di beberapa daerah juga udah mulai coba bikin. Nah, Bunda juga bisa coba bikin resep tahu aci khas dari Slawi Tegal yang banyak banget disukai.

Kalau mau bikin tahu aci ini bisa jadi suguhan sederhana ketika lagi kumpul sama keluarga di rumah. Disuguhkan hangat-hangat dengan sambal yang enak, pasti keluarga langsung ngumpul dan momen kumpul jadi lebih seru Bunda. Enggak cuma itu aja sih, tapi Bunda juga bisa kok bikin resep tahu aci ini untuk sajian ketika ada acara pengajian atau arisan di rumah sama teman-teman. Pasti nanti banyak yang suka, apalagi tahu acinya buatan Bunda sendiri. Kalau Bunda berminat, bisa jadi peluang usaha buat bikin pesanan tahu aci. Lumayan untuk tambahan pemasukan keluarga di rumah kan Bunda.

Bahan-bahan yang dipakai buat bikin resep tahu aci ini sebenarnya enggak susah dan gampang dicari di sekitar kita kok Bunda. Langkah bikinnya juga enggak ribet dan makan waktu yang lama. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep tahu aci sendiri di rumah yang bisa Bunda coba.

Bahan-bahan:

  • 10 buah Tahu kulit segitiga yg kecil
  • 10 sdm Tepung sagu/tapioka
  • 5 sdm Tepung terigu
  • Secukupnya Daun kucai / 2 batang daun bawang, iris
  • secukupnya Air panas (vy 100 ml)
  • 3 siung Bawang putih, haluskan
  • 1/2 sdt Ketumbar, haluskan
  • 1/2 sdt Merica bubuk
  • secukupnya Garam & royco ayam

Langkah Membuat:

1. Belah tahu pd sisi yg miring, keruk tahu bagian putih.


2. Campur tepung²an dengan bumbu halus dan bumbu lain, daun bawang dan tahu hasil kerukan tadi,tambahkan air panas sedikit demi sedikit,hingga adonan pekat


3. Masukkan adonan aci ke dalam cekungan tahu,goreng sampai matang


4. Sajikan dengan sambel kecap (cukup iris² cabe rawit & campurkan dengan kecap manis bango)

5. NOTE : Jika tdk ada tahu kulit bisa pakai tahu putih yaa...tahunya dipotong2 segitiga atau kotak terserah dg besar sesuai selera, goreng smp berkulit baru deh dibelah

Nah, itulah beberapa bahan sama langkah buat bikin resep tahu aci sendiri di rumah yang bisa dicoba. Sederhana dan enggak susah kan Bunda? Kalau masalah takaran porsi dan rasa bisa disesuaikan sama selera Bunda ya dari bahan yang udah ada. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber