Berlangganan

Resep Susu Kental Manis Buatan Sendiri. Gurih Dan Anti Pecah



Susu jadi salah satu bahan makanan ataupun minuman yang sering banget ditemukan sehari-hari dan pastinya Bunda juga sering menggunakan susu untuk asupan vitamin dan nutrisi keluarga di rumah deh. Enggak salah memang, susu dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan tubuh keluarga, termasuk juga anak-anak.

Tapi belakangan ini, banyak banget produk susu kental manis yang enggak aman di konsumsi Bunda, jadi nilai gizinya juga enggak bisa diketahui dengan baik. Daripada harus ragu dan menghilangkan asupan susu buat keluarga, Bunda bisa coba bikin resep susu kental manis sendiri di rumah yang benar-benar gampang dan anti gagal deh Bunda.

Memang kelihatannya dari susu kental manis yang dibeli agak susah bikinnya. Tapi sebenarnya kalau dicoba juga gampang dan bahan yang dicari juga enggak susah kok Bunda. Rasanya jauh lebih aman juga kalau Bunda bikin susu kental manis sendiri di rumah daripada harus beli produk yang kurang jelas keamanannya. Selain bisa digunakan untuk asupan minuman keluarga, susu kental manis yang dibikin Bunda sendiri juga bisa jadi bahan pembuatan kue ataupun bahan makanan lainnya. Pasti lebih irit lagi Bunda kalau bikin resep susu kental manis sendiri di rumah. Rasanya bisa disesuaikan juga sama selera Bunda sendiri nih.

Seperti yang ditulis, bahan bikinnya gampang banget dicari di sekitar kita dan enggak banyak juga kok Bunda. Langkah bikinnya cukup simpel dan bisa dicoba di rumah kapan pun Bunda luang. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep susu kental manis sendiri di rumah.

Bahan-bahan:

  • 500 ml susu UHT /susu segar kemasan
  • 1 Cangkir gula pasir sekitar 180 g Jika suka manis bisa digenapkan menjadi 200 gr
  • 1/4 sdt baking soda

Langkah Membuat:

1. Rebus gula dan susu dengan api sedang kira-kira selama 15 menit sambil diaduk-aduk. Setelah mendidih pindah ke api agak sedang, pada tahap ini diaduk terus sampai larutan susu menjadi kental.


2. Setelah susu lebih Kental kecilkan api. Jangan bosan untuk terus mengaduk ya karena kalau berhenti diaduk jadi rawan gosong.


3. Selanjutnya setelah tekstur susu sudah hampir sekental susu kental manis, matikan apinya. Lalu masukan bubuk baking soda.


4. Biasanya teksturnya jadi memutih dan berbuih, tapi it's ok ya. Terus diaduk dengan cepat sampai buih hilang.


5. Setelah buih hilang akan terlihat teksturnya jadi kental, benar-benar mirip dengan susu kental manis ya. SELESAI.


6. Dinginkan dan setelah dingin tempatkan di jar atau di wadah kedap udara. Simpan di kulkas agar awet lebih lama.


7. 1 resep ini bisa jadi sekitar 350-250 ml, sesuai kekentalan yang diinginkan ya....


8. Tips dan trik seputar membuat Susu kental manis: Untuk penggunaan susu, disarankan yang jenis susu segar kemasan atau UHT ya, karena pernah nih saya bikin dari susu segar asli yang ada malah teksturnya pecah. Mungkin juga karena susu segarnya wkatu itu sudah masuk freezer jadi emang sudah gak fresh lagi ya.


9. Selain pecah, hasil akhirnya juga beda ya, bergerindil dan gak semulus yang menggunakan susu segar kemasan. But for the taste, it’s still good and I like it, jadi untuk rasanya gak masalah, tetap enak cuma ya itu tadi untuk tampilannya jadi kurang bagus.


10. Jika ingin hasil yang lebih gurih, bisa ditambahkan 1 sdt butter. Butter dimasukan sesaat sebelum ditambahkan baking soda. Dijamin hasilnya makin mantap.


Nah, itulah beberapa bahan sama langkah buat bikin resep susu kental manis sendiri di rumah. Enggak ribet dan cukup simpel ya Bunda? Untuk takaran kemanisan gulanya bisa di atur dan untuk porsi bahannya bisa ditambah ataupun dikurangi sesuai kebutuhan. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber