Berlangganan

Resep Stick Kentang Bawang. Tekstur Pulen. Renyahnya Menggoda Selera



Jadi ibu rumah tangga tentu menuntut Bunda jauh lebih kreatif nih, menyiapkan beberapa cemilan atau makanan untuk keluarga ataupun untuk momen-momen tertentu. Sebenarnya Bunda, banyak kok resep yang bisa digunakan untuk membuat cemilan yang rasanya enggak kalah enak daripada Bunda beli di toko kue.

Misalnya saja Bunda coba bikin resep stick kentang bawang renyah yang rasanya enak banget. Stick kentang jadi salah satu cemilan yang udah terkenal banget di Indonesia, rasanya yang gurih bikin banyak orang suka sama makanan ini. Terbuat dari bahan kentang yang dicampurkan dengan beberapa jenis tepung dan bumbu bikin jajanan ini laris manis.

Stick kentang sendiri sering ditemukan dibeberapa momen tertentu, misalnya saja disuguhkan Bunda ketika lebaran, natal, tahun baru, ataupun ketika Bunda punya hajatan. Rasa yang khas dari stick kentang bisa bikin para tamu ketagihan loh Bunda. Enggak harus digunakan untuk suguhan para tamu, Bunda juga bisa kasih resep stick kentang bawang renyah untuk cemilan keluarga di rumah. Jadi waktu libur bersama bisa digunakan sebagai cemilan waktu nonton TV bersama nih Bunda. Pasti momennya benar-benar hangat dan membuat keluarga jadi makin harmonis deh. Kalau dipakai sebagai ide untuk membuka usaha juga enggak masalah, jadi Bunda bisa terima pesanan stick kentang di rumah. Lumayan untuk tambahan pemasukan.

Bahan yang digunakan enggak terlalu banyak Bunda, dan bisa ditemukan di sekitar kita dengan lebih mudah. Terus untuk langkah bikinnya memang sedikit panjang, tapi hasil rasanya enggak mengkhianati prosesnya loh. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep stick kentang bawang renyah yang bisa dicoba di rumah.

Bahan-bahan:

Bahan A:

  • 650 gr Tepung terigu Serbaguna atau Protein Tinggi. NOTE: kalau menggunakan protein Tinggi hasilnya lebih kokoh dan lebih lentur saat digiling. Sementara jika menggunakan terigu serbaguna, hasil renyahnya lebih empuk
  • 100 gr Tepung Tapioka, tepung tapioka ini bisa diskip ya karena emang di resep aslinya cuma pake terigu. Jadi kalau tidak menggunakan tapioka, komposisi terigu jadi 750 gr
  • 1/2 sdm Ragi instan [Setara 3 gr]
  • 1 butir telur

Bahan B:

  • 500 gr Kentang, kentang dikukus beserta kulitnya selama 20 menit. Lalu, dalam keadaan panas, kupas kulitnya, kemudian lembutkan. Sisihkan

Bahan C:

  • 1 1/2 sdt garam halus
  • 1 sachet bubuk kaldu [sekitar 7 gr]
  • 1 sdt Bubuk ketumbar
  • 10 siung bawang putih, haluskan. Untuk takaran bawang sesuai selera ya
  • 1 genggam daun bawang godong, Rajang halus. Yang ini juga sesuai selera
  • 2 sdm Margarine, jika ingin hasil stik kentang yang kriuknya lebih lembut, margarine ini bisa diganti dengan butter

Langkah Membuat:

1. Siapkan baskom, masukkan Bahan A sesuai urutan, aduk hingga rata. Lalu masukan Bahan B yaitu kentang. Uleni hingga rata & agak mengembang. Proses ini butuh tenaga ekstra ya, jadi memang adonannya itu agak keras tapai kalau terus diuleni maka lama-lama adonan jadi lembut. Sebenarnya tidak harus menggunakan tangan ya, kita juga bisa menguleni adonan dengan menggunakan mikser [khusus adonan].


2. Ok selanjutnya masukan bahan C, uleni lagi sampai rata saja ya…Jadi tidak perlu kalis elastis.


3. Lalu, cetak adonan menggunakan gilingan pasta, pertama setting di no 1, gilas. Lanjut gilas dengan setting no 2. Kalau perlu diulang lagi sampai adonan mulus.


4. Setelah itu, potong-potong sesuai selera


5. Lalu tata di Loyang atau Wadah yang sudah ditaburi dengan tepung terigu agar tidak lengket. Nah lihat.. stik ini sengaja tidak ditumpuk tinggi ya… Jadi kalau loyangnya sudah penuh, alasi bagian atasnya dengan kertas roti atau kertas minyak, tempatkan di atasnya. Dengan begitu nantinya tidak lengket satu sama lain. Lakukan sampai habis.


6. Selanjutnya, panaskan minyak goreng yang banyak, goreng hingga matang keemasan. Teknik menggorengnya, agar hasil stik kentang matang luar dalam dan warnanya cantik, pertama gunakan api besar, setelah minyak panas masukan stiknya. Aduk-aduk, setelah stik agak kaku, pindah ke api kecil lalu goreng hingga kuning keeemasan.


7. Angkat. Selesai.


8. Selamat mencoba


9. SERBA SERBI SEPUTAR STIK KENTANG BAWANG


10. Untuk jenis kentang yang bagus, menurut bunda Muthia, sebaiknya gunakan kentang kuning atau kentang mentega. Karena kentang kuning mentega ini tidak banyak mengandung air, selain itu teksturnya juga lebih pulen.

11. Membuat stik Kentang Bawang ini tidak bisa menggunakan bahan seadanya ya. Takaran tepung dan kentang harus pas. Kentang dan tepung harus berbanding 1 : 1½. Jadi, jika hanya membuat ½ resep, berarti kentang 250gr tepungnya 375gr. Untuk kentangnya wajib dikukus.. karena jika direbus maka kentang jadi berair. Selain itu, saat mengadon kentang sebaiknya dalam keadaan hangat ya… Dengan begitu hasil stik kentang bawang bisa renyah sempurna.


12. Jika tidak ada gilingan pasta, kita bisa memotong adonan dengan menggunakan pisau. Dan menggilasnya dengan rolling pin, seperti ini nih contohnya.


13. Setelah matang begini penampakannya


14. Resep asli bunda Muthia ini sebenarnya sangat simple ya guys, bahkan tidak ada komposisi bawang putihnya ya. Jadi kalau mau membuat stik kentang ala-ala bunda Muthia, berikut ini komposisinya


15. Resep kentang ini sangat cocok untuk usaha rumahan ya.. Nah ini dia hasil stik kentang untuk usaha rumahan ala bunda Muthia [FOTO dokumentasi milik Bunda Muthia ya]. Buat Bunda Muthia terimakasih banyak sudah berbagi ilmunya ya.. semoga usahanya semakin barokah…

Nah, itulah beberapa bahan sama langkah yang bisa dipakai buat bikin resep stick kentang bawang renyah sendiri di rumah yang bisa dicoba. Gampang kan Bunda? Untuk takaran porsi dan rasa bisa disesuaikan dengan kebutuhan juga selera Bunda. Semoga bermanfaat Bunda, selamat mencoba dan terima kasih.

Sumber