Berlangganan

Resep Sayur Bening Jangan Loncom Pedas. Nikmatnya Tiada Tara!



Masak untuk menu makan keluarga sehari-hari tentunya udah bukan hal yang asing lagi para Bunda dong. Banyak banget menu makanan yang bisa digunakan untuk sajian makanan keluarga, salah satunya Bunda juga bisa coba bikin resep sayur bening jangan loncom pedas nih. Sayur bening ini jenis sayuran bayam, kacang panjang, dan beberapa bahan lainnya.

Disebut sayur bening karena kuahnya yang tampak lebih bening kalau dibandingkan sama beberapa sayuran yang lainnya Bunda. Nah, buat inovasi baru, bisa juga Bunda pakai bahan loncom dengan rasa yang pedas nih. Kalau keluarga Bunda suka sama makanan pedas pasti cocok banget menyajikan sayur bening ini.

Sebenarnya sayur bening udah umum banget di Indonesai, hampir di seluruh Indonesia tahu sayur bening. Hanya saja mungkin dibeberapa daerah cara memasaknya berbeda soalnya disesuaikan dengan selera penduduknya. Masak sayur bening dengan menggunakan loncom ini cukup segar loh Bunda. Apalagi kalau disajikan ketika siang hari dengan nasi hangat dan lauk pauk yang ada, rasanya memang sangat segar dan keluarga pasti ketagihan. Bikin resep sayur bening jangan loncom pedas sendiri di rumah cukup mudah dan juga lebih irit loh Bunda. Kalau punya acara arisan dengan keluarga ataupun pengajian kecil-kecilan, Bunda bisa coba masakin sayur mening jangan loncom ini, biar makin banyak yang suka.

Untuk bahan-bahan yang dipakai sebenarnya gampang banget dicari di sekitar kita kok Bunda. Langkah membuatnya juga enggak susah dan ribet, jadi enggak makan banyak waktu. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep sayur bening jangan loncom pedas sendir di rumah yang bisa Bunda coba.

Bahan-bahan:

  • 1 buah jagung (potong sesuai selera)
  • 1 buah labu Siam (potong dadu /sesuaikan.selera)
  • 2 genggam kacang tanah
  • 1/2 buah kluwih iris kecil kecil (aku gak pakai)
  • 5 lenjer kacang panjang
  • Secukupnya daun melinjo
  • 1 liter air
  • Secukupnya minyak untuk menumis
  • Bawang goreng untuk taburan

Bumbunya:

  • 6 butir bawang merah (iris tipis)
  • 8 butir bawang putih (iris tipis)
  • 4 lembar daun jeruk
  • 2 ruas lengkuas (geprek)
  • 1 batang serai/sereh (geprek)
  • 2 sdm ebi/rebon (tumbuk kasar)
  • 8 buah cabe rawit rajang (sesuaikan selera pedas nya)
  • 2 mata asam / sesuaikan selera
  • 1 sdt garam/ sesuaikan selera
  • 2 sdm gula jawa /sesuaikan selera
  • Secukupnya penyedap

Langkah Membuat:

1. Dalam panci rebus air hingga mendidih, masukkan kacang tanah dan jagung rebus hingga empuk. Jika punya kluwih gunakan juga ya, rebus bersama hingga empuk.


2. Siapkan bumbu bumbunya,


3. Panaskan minyak di teflon, tumis bawang merah dan bawang putih hingga layu. Masukkan serai,daun jeruk,cabe,lengkuas, dan ebi atau rebon, tumis hingga harum


4. Masukkan ke air rebusan jagung dan kacang tanah tadi, biarkan hingga mendidih, masukkan asam,gula jawa, garam, penyedap, labu siam, biarkan masak hingga labu siam setengah matang.


5. Masukkan kacang panjang dan daun melinjo, masak hingga empuk, test rasa sesuaikan selera


6. Taburi dan bawang goreng


7. Nikmati dgn tempe goreng atau ikan asin.. sederhana tapi nikmatnya tiada tara.. huehehe


Nah, itulah beberapa bahan sama langkah buat bikin resep sayur bening jangan loncom pedas sendiri di rumah yang bisa dicoba. Sederhana dan simpel buat diikuti kan Bunda? Untuk takaran rasa dan porsi bisa disesuaikan dengan kebutuhan Bunda juga selera di rumah ya. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber