Berlangganan

Resep Sambal Tateda (Tahu, Tempe, Daging Sapi) Pedas. Makanpun Terasa Nikmat!



Memasak menjadi salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh para Bunda di rumah, menyajikan menu makanan yang menarik untuk keluarga. Banyak banget bahan yang bisa diolah menjadi masakan spesial untuk keluarga, misalnya saja bikin resep sambal tahu, tempe, daging sapi yang rasanya enggak perlu diragukan lagi.

Buat bunda yang belum tahu nih, sambal tateda atau sambal tahu, tempe, daging ini dimasaknya dengan menggunakan sedikit kuah. Sebenarnya hampir sama dengan sambal goreng, cuma bahan yang digunakan berbeda. Rasanya pasti bikin keluarga di rumah ketagihan deh Bunda.

Tahu, tempe, dan daging sapi tentunya udah jadi bahan yang sering kita temukan dengan gampang di sekitar kita dong Bunda. Mangkannya masak sendiri sambal tateda ini enggak susah. Selain cocok disajikan untuk menu makanan keluarga sehari-hari, masakan ini juga cocok loh menemani hari lebaran ketika berkumpul dengan keluarga. Apalagi kalau disuguhkannya dengan nasi hangat, pasti makin lahap makannya. Rasanya yang pedas dengan paduan kecapnya yang manis bikin sambal tateda banyak disukai. Enggak cuma untuk hari raya, bahkan menu buka puasa menggunakan resep sambal tahu, tempe, daging sapi juga akan terasa cocok. Daripada harus beli, lebih irit lagi kalau Bunda bikin sendiri nih di rumah.

Bahan-bahan yang dipakai buat bikin sambal tateda ini kan gampang dicari, jadi akan memudahkan Bunda. Terus langkah bikinnya juga simpel kok, enggak ribet dan ngabisin tenaga. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep sambal tahu, tempe, daging sapi sendiri di rumah yang bisa Bunda coba.

Bahan-bahan:

  • 250 gr daging sapi (sy pakai bagian kepala)
  • 4 bh tahu kuning (potong dadu)
  • 1 papan tempe (potong dadu)
  • 60 ml santan kental (sy pakai kara)
  • 1 sdm masako sapi
  • 2 sdm saos tiram
  • 3 sdm kecap manis (sesuai selera)
  • Sejumput garam
  • 1 gelas belimbing air
  • Secukupnya minyak untuk menumis

Bumbu Halus :

  • 4 siung Bawang merah
  • 4 siung Bawang putih
  • 5 cabai merah besar
  • 3 cabai keriting
  • (Blender/ ulek halus)

Bumbu iris:

  • 5 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 7 siung cabe ijo keriting/besar
  • 15 rawit merah
  • 2 lembar daun salam kering
  • 1 jempol lengkuas (geprek)
  • 1 Batang sereh (geprek)

Langkah Membuat:

1. Rebus/ presto daging sampai empuk,potong" sesuai selera, goreng tahu 1/2 matang (agar tidak hancur ketika diaduk) Rebus tempe sebentar (agar bau langu kedelai hilang) lalu goreng


2. Siapkan bahan iris (lupa kefoto sereh nya),saos tiram, kecap & santan


3. Tumis bumbu halus hingga wangi, lalu sisihkan


4. Lalu tumis bumbu iris hingga layu & Wangi, masukkan bumbu halus & bumbu lain nya, tambahkan air lalu aduk" masukkan daging, tahu, tempe aduk rata hingga air menyusut (jangan lupa icip rasa bila ada yg kurang) Angkat siap sajikan


Nah, itulah beberapa bahan dan langkah buat bikin resep sambal tahu, tempe, daging sapi sendiri di rumah Bunda. Cukup gampang buat diikuti kan? Takaran rasa dan porsinya bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan Bunda, jadi dari bahannya bisa dikurangi ataupun ditambah takarannya. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber